PENGGUNAAN TABLET ACYCLOVIR PADA INFEKSI HERPES SIMPLEX VIRUS (HSV)

PENGGUNAAN TABLET ACYCLOVIR PADA INFEKSI HERPES SIMPLEX VIRUS (HSV)

Disusun oleh : Dumayanti (078115049)

 

Herpes adalah infeksi virus pada kulit. Herpes Simplex Virus merupakan salah satu virus yang menyebabkan penyakit herpes pada manusia. Tercatat ada tujuh jenis virus yang dapat menyebabkan penyakit herpes pada manusia, yaitu Herpes Simplex Virus, Varizolla Zoster Virus (VZV), Cytomegalovirus (CMV), Epstein-Barr Virus (EBV), dan Human Herpes Virus tipe 6 (HHV-6), tipe 7 (HHV-7), tipe 8 (HHV-8). Semua virus herpes memiliki ukuran dan morfologi yang sama dan semuanya melakukan replikasi pada inti sel. Herpes Simplex Virus sendiri dibagi menjadi dua tipe, yaitu Herpes Simplex Virus tipe 1 (HSV-1) yang menyebabkan infeksi pada mulut, mata, dan wajah dan Herpes Simplex Virus tipe 2 (HSV-2) yang menyebabkan infeksi pada alat kelamin (genital). Tetapi, bagaimanapun kedua tipe virus tersebut dapat menyebabkan penyakit dibagian tubuh manapun. HSV-1 menyebabkan munculnya gelembung berisi cairan yang terasa nyeri pada mukosa mulut, wajah, dan sekitar mata. HSV-2 atau herpes genital ditularkan melalui hubungan seksual dan menyebakan gelembung berisi cairan yang terasa nyeri pada membran mukosa alat kelamin. Infeksi pada vagina terlihat seperti bercak dengan luka. Pada pasien mungkin muncul iritasi, penurunan kesadaran yang disertai pusing, dan kekuningan pada kulit (jaundice) dan kesulitan bernapas atau kejang. Lesi biasanya hilang dalam 2 minggu. infeksi . Episode pertama (infeksi pertama) dari infeksi HSV adalah yang paling berat dan dimulai setelah masa inkubasi 4-6 hari. Gelala yang timbul, meliputi nyeri, inflamasi dan kemerahan pada kulit (eritema) dan diikuti dengan pembentukan gelembung-gelembung yang berisi cairan. Cairan bening tersebut selanjutnya dapat berkembang menjadi nanah, diikuti dengan pembentukan keropeng atau kerak (scab). Setelah infeksi pertama, HSV memiliki kemampuan yang unik untuk bermigrasi sampai pada saraf sensorik tepi menuju spinal ganglia, dan berdormansi sampai diaktifasi kembali. Pengaktifan virus yang berdormansi tersebut dapat disebabkan penurunan daya tahan tubuh, stress, depresi, alergi pada makanan, demam, trauma pada mukosa genital, menstruasi, kurang tidur, dan sinar ultraviolet.

 

Sasaran terapi

Sasaran terapi acyclovir adalah Herpes Simplex Virus (HSV).

 

Tujuan terapi

Tujuan terapi acyclovir adalah mencegah dan mengobati infeksi Herpes Simplex Virus (HSV), menyembuhkan gejala yang muncul, seperti kemerahan (eritema), gelembung-gelembung berisi cairan, keropeng atau kerak.

 

Strategi terapi

Strategi terapi farmakologis (terapi dengan obat) dalam pengobatan penyakit herpes adalah dengan menggunakan obat-obat antivirus. Pengobatan baku untuk herpes adalah dengan acyclovir, valacyclovir, famcyclovir, dan pencyclovir yang dapat diberikan dalam bentuk krim, pil atau secara intravena (infus) untuk kasus yang lebih parah. Semua obat ini paling berhasil apabila dimulai dalam tiga hari pertama setelah rasa nyeri akibat herpes mulai terasa. Semua antivirus yang digunakan pada infeksi Herpes Simplex Virus (HSV) bekerja dengan menghambat polimerase DNA virus. Acyclovir, ganciclovir, famciclovir, dan valacyclovir secara selektif di fosforilasi menjadi bentuk monofosfat pada sel yang terinfeksi virus. Bentuk monofosfat tersebut selanjutnya akan diubah oleh enzym seluler menjadi bentuk trifosfat, yang akan menyatu dengan rantai DNA virus. Acyclovir, famciclovir, dan valacyclovir terbukti efektif dalam memperpendek durasi dari gejala dan lesi.

Ayclovir : merupakan agen yang paling banyak digunakan pada infeksi herpes simplex virus, tersedia dalam bentuk sediaan intravena, oral, dan topikal.

Ganciclovir : mempunyai aktivitas terhadap herpes simplex virus tipe 1 dan 2, tetapi lebih toksik daripada acyclovir, famciclovir, dan valacyclovir, karena itu tidak direkomendasikan untuk pengobatan herpes.

Famciclovir : merupakan prodrug dari penciclovir yang secara klinis efektif dalam mengobati herpes simplex virus tipe 1 dan 2.

Valacyclovir : merupakan valyl ester dari acyclovir dan memiliki bioavailabilitas yang lebih besar daripada acyclovir.

Obat Pilihan

Nama Generik

Acyclovir

 

Nama Dagang

Clinovir (Pharos)

 

Indikasi

Untuk mengobati genital Herpes Simplex Virus, herpes labialis, herpes zoster, HSV encephalitis, neonatal HSV, mukokutan HSV pada pasien yang memiliki respon imun yang diperlemah (immunocompromised), varicella-zoster.

 

Kontraindikasi

Hipersensitifitas pada acyclovir, valacyclovir, atau komponen lain dari formula.

 

Bentuk Sediaan

Tablet 200 mg, 400 mg.

 

Dosis dan Aturan Pakai

Pengobatan herpes simplex: 200 mg (400 mg pada pasien yang memiliki respon imun yang diperlemah/immunocompromised atau bila ada gangguan absorbsi) 5 kali sehari, selama 5 hari. Untuk anak dibawah 2 tahun diberikan setengah dosis dewasa. Diatas 2 tahun diberikan dosis dewasa.

Pencegahan herpes simplex kambuhan, 200 mg 4 kali sehari atau 400 mg 2 kali sehari, dapat diturunkan menjadi 200 mg 2atau 3 kali sehari dan interupsi setiap 6-12 bulan.

Pencegahan herpes simplex pada pasien immunocompromised, 200-400 mg 4 kali sehari. Anak dibawah 2 tahun setengah dosis dewasa. Diatas 2 tahun dosis sama dengan dosis orang dewasa.

 

Efek Samping

Pada sistem saraf pusat dilaporakan terjadi malaise (perasaan tidak nyaman) sekitar 12% dan sakit kepala (2%).pada system pencernaan (gastrointestinal) dilaporkan terjadi mual (2-5%), muntah (3%) dan diare (2-3%).

Resiko Khusus

Penggunaan Acyclovir pada wanita hamil masuk dalam kategori B. Efek teratogenik dari Acyclovir tidak diteliti pada studi dengan hewan percobaan. Acyclovir terbukti dapat melewati plasenta manusia.Tidak ada penelitian yang cukup dan terkontrol pada wanita hamil. pada tahun 1984-1999 diadakan pendaftaran bagi wanita hamil, dan dari hasil yang terlihat tidak ada peningkatan kelahiran bayi yang cacat karena penggunaan Acyclovir . tetapi karena tidak semua wanita hamil mendaftarkan diri dan kurangnya data dalam jangka waktu yang panjang, maka direkomendasikan penggunaan acyclovir untuk wanita hamil disertai peringatan dan diberikan jika benar-benar-benar diperlukan. Acyclovir juga dapat masuk ke dalam air susu ibu, karena itu penggunaan pada ibu menyusui harus disertai peringatan.

 

Daftar Pustaka

Anonim, 2000, Informatorium Obat Nasional Indonesia,Departemen Kesehatan RI, Direktorat Jendral Pengawasan Obat dan Makanan, Jakarta

Anonim, 2005, Drug Information Handbook, Edisi 14, Lexi-Comp, Amerika Serikat.

Harrison, et al.,2001, Principle’s Of Internal Medicine, 15th Edition,McGreHill Companies, Inc., USA.

McEvoy, G.K.,2004, AHFS Drug Information,American Society Of Health_Systen Pharmacists, Inc.,USA

Rakel, David.,2003,Integrative Medicine, 1st Edition, Elsevier Science, USA

About these ads

47 responses to “PENGGUNAAN TABLET ACYCLOVIR PADA INFEKSI HERPES SIMPLEX VIRUS (HSV)

  1. beli nya dimana obat obat tersebut. hargannya berapa ?

  2. apa benar herpes simplex itu disebabkan daya tahan tubuh menurun/ kecapean?
    karena saya selalu timbul dibibir.dan apakah berbahaya?

  3. Saya dulu pernah kena penyakit herpes di wajah, dan diberi acyclovir. beberapa waktu setelah itu, penyakitnya sepertinya pindah ke bagian genital. Apakah memang bisa menular dari wajah ke genital. Soalnya setahu saya herpes genital kan sexually transmitted.

  4. Saya saat ini sedeng mengalami sakit herpes gejalanya :
    1. Awlanya sakit seperti disayat-sayat pada bagian dalam otot selama 2 hari
    2. Kemudian timbul bercak kemerahan dipunggung dan bawah ketiak
    3. bercak tsb berkembang menjadi gelembung yng berisi cairan dan menjalar hingga ke dada dan buah dada

    rasa sakit dan pedih nya luar biasa , dokter umum yg baru saja saya kunjungi diberikan obat acyclovir salep dan antibiotik amoxcycilin, serta obat anti alergi histaklor dan obat antinyeri fasidol.

    tergolong apakah herpes saya tersebut ?
    adakah obat tradisional ?
    berapa lama kira-kira bisa sembuh ? karena sangat mengganggu aktifitas saya

    terimakasih..

  5. adverse drug reaction dari acyclovir???

  6. kalau cewek yang terkena herpes simpleks
    labialis (HSV-1), bagaimana apabila nanti cewek tersebut memiliki anak (hamil), apakah berpengaruh pada kesehatan bayinya?

  7. untuk herpes katanya dapat diobati dengan menggunakan antibiotik seperti amoxicilli, CTM, cefotaxim. apakah antibiotik tersebut dapat digunakan dan apabila dapat digunakan berapa lama waktu penyembuhannya? dimanakah acyclovir dapat diperoleh dan berapa harganya?

  8. kalau sakit herpes dapat berhubungan intim dan apa yang diakibatkan kalau berbahaya?

  9. Berapa lama sembuhnya kalo terserang penyakit ini?Soalnya udah lima hari ga sembuh2.

  10. farmakoterapi-info

    Pro Elsi
    Herpes adalah penyakit kulit akibat virus sehingga diterapi dengan anti virus yaitu asiklovir. Hanya kalau ada infeksi tambahan diperlukan antibiotika. sebaiknya jika ada penyakit konsultasikan dulu ke dokter supaya mendapatkan diagnosis yang tepat sehingga dapat diobati dengan tepat pula

  11. bagaimana cara mengobati hsv2 yg sering kambuh?apakah hsv2 akan menular kemulut saya sendiri??
    katanya hsv2 bisa diobati dgn terapi dan acyclovir,berapa lama harus meminum acyclovir??

  12. saya kena herpes 2 bln yl,setelah 2 kali ke RS sekarang sudah kering dan meninggalkan bercak2 hitam pd wajah. herpes juga menyerang dalam liang telinga saya, sampai sekarang masih sakit/nyeri, kenapa yang dalam telinga ini tidak hilang-hilang sakitnya?

  13. herpes sering sekali muncul dibibir saya, gatal dan berisi air. hari ini keluar lagi dibawah bibir sebelah kiri. saya ingat ditempat yang sama pernah muncul herpes lima tahun lalu. dokter memberi saya zovirax. sepertinya tidak ada pengaruh coz sembuhnya klo kondisi pisik saya baek. klo kecapean n kurang tidur pasti muncul dibibir.
    kenapa sering sekali saya diserang penyakit ini? apakah berbahaya? saya blom pernah melakukan hubungan sexual kok bisa kena herpes?

  14. mohon informasinya. apabila sudah menghilang dan saya mencium pasangan saya?
    apakah akan menular?/ selamanya saya tidak boleh berhubungan / mencium pasangan saya agar tidak menular?

  15. @rim

    Penyakit herpes yg ada di ujung samping bibir jg dpt diobati dgn acyclovir salep, tetapi hrs bener2 tuntas…minimal sampe 7 hari pemakaian yg dipakai sehari 6x (tiap 3 jam dioleskan lg)
    Bila tdk sampe tuntas, si herpes bibir bisa muncul lg terutama bila kekebalan tubuh menurun, semisal krn kurang istirahat, stress, makan kurang bergizi dsb

    @fae

    Menurut sy penyakit herpes hanya menulari org2 yg lg lemah antibody/kekebalan tubuhnya dan beraktitas dekat2 dgn pasien yg kena herpes, krn penularannya melalui udara (nafas si pasien)

  16. Untuk kambuhan lebih baik pakai obat apa? dan dosisnya berapa?

  17. farmakoterapi-info

    @Gdis
    Herpes bisa saja mengenai seseorang setelah berenang, jadi tidak melulu harena hubungan seksual

  18. farmakoterapi-info

    @Ari : adverse drug dari asiklovir sbb :
    CV: Phlebitis at injection site. CNS: Encephalopathic changes; lethargy; obtundation; tremor; confusion; hallucinations; headache; agitation; seizures; coma. DERM: Inflammation at injection site; itching; rash; hives. GI: Nausea; vomiting. HEPA: Transient elevations of serum creatinine, BUN, transaminases. OTHER: Asthenia; paresthesis. Topical form: Burning or stinging; pruritis. Topical use may cause same adverse reactions as systemic use.

  19. farmakoterapi-info

    @ferdy
    kalau cewek kena herpes simplek ya diobati dulu sampai sembuh sebelum hamil. Kalau pas hamil kena herpes, saya rasa tetap bisa diobati selama masa kehamilannya, mengingat ilmu kedokteran saat ini sudah sangat maju. so don’t worry fren

  20. farmakoterapi-info

    @bambang
    kalau liang telinga masih terasa sakit kemungkinan di dalam telinga anda mengalami peradangan. Radang inilah yang menyebabkan rasa sakit Usul saya coba tetap memakai obat anti herpes yang diberikan dokter dan diberi obat anti radang topikal. Kalau anda ragu, silakan konsul dengan dokter anda

  21. farmakoterapi-info

    @elsi
    pengobatan herpes menurut pendapat saya paling baik dengan suatu antivirus seperti asiklovir, mengingat penyebanya merupakan virus. sedang amoksisilin dan sefotaksim merupakan antibiotika dan ctm merupakan anti histamin (antigatal)

  22. aku positif kena virus herpes tp kok tidak pernah muncul tanda2 seperti terkena herpes ?? tidak ada bintik2 sama skali. jadi saya bingung ? apa rasa gatal termasuk herpes ?
    dulu pernah gatal sekali tp sekarang sudah tidak pernah. terimakasih

  23. Hiks,,hiks,,,hiks,,
    aku kena herpes neh,,
    siapa yang tau obat herpes yang paling ampuh supaya bisa cepet kering???
    Serius,,
    Please Yang tau Ym gw di
    Viray_nia@yahoo.com
    Tengkiuw all

  24. saya menikah 2 tahun yang lalu, sudah pernah hamil 2 kali dan mengalami keguguran 2 kali, keguguran yang kedua saya langsung periksa TORCH pada tgl 22 OKtober 2007 dan saya positif IgM HSV-2 sebesar 1,65 saya tidak melakukan terapi, Kemarin saya consul dokter ahli kandungan yang lain, dan dokter itu mnyarankan saya test HSV-2 dan hasilnya positif IgM sebesar 4,55. yang saya tanyakan dari hasil yang pertama sudah berapa lama saya terkena virus HSV-2? dan jika memakan obat apakah virus tersebut akan berubah menjadi IgG?

  25. Gw pernh kna herpes.
    N skrg g pernh kambuh lg!!
    Tp oneday g mentp kmungknan bwt muncul lg.
    Obat apa yg hrus gw pake!!
    Gw puny pkran bwt g merit.
    Kasihan suami n ank gw!

  26. HSV bisa menular melalui kolam renang??
    Bisa tolong penjelasan lebih lanjut gak??
    Kalo udah terjangkit Herpes gak bisa sembuh karena asalnya dari virus..
    Sembuh sebentar tapi kalo lagi kecapekan atw stress kambuh lagi deh..
    Obatnya acyclovir 200 mg diminum 5x sehari untuk kambuhan..

  27. saya kena herpes dan tambah banyak..d leher, muka, sampai tangan..bagaimana penatalaksanaannya

  28. saya sering sariawan apakah itu herpes?
    saat saya berhubungan dgn istri, kelamin saya luka. lalu beberapa hari kemudian saya berhubungan kembali tanpa kondom. ternyata saya herpes.
    apakah dgn demikian otomatis istri saya terkena herpes jg?
    apakah mungkin herpes dpt ditularkan melalui air liur?
    trm ksh

  29. om dokter…sy terkena igm anti hsv1 sebulan lalu indeksnyz 1,91
    sialnya.naah trs d kasi acyclovir 200mg tp cm 3 hari!! baaah td aq bc d atas terapinya 5 hari

    sya priksa ke 2 dkter spesialis tp anehnya yg satu saya d suruh pulang g usah berobat! n yg satu ditakut2tin bhwa igm anti hsv1 tu berbahaya!

    mna yg betull nieeh!!
    trus yg makin penasaran saya ini g ada tnda2 bintil2 pecah ato sakit yg gmna gtu….tmbh bingung saya….hbs itu sy minum acyclovir trs jadi lemes g bertenaga.
    kenapa ni saya dok….

  30. Yth
    Istri saya didiagnosis terkena HSV 2, positip berdasarkan hasil test laboratorium. Kemudian oleh dokter diterapi dengan acyclovir 400 mg dengan dosis 4 x 2 tablet per hari selama 30 hari, kemudian diperpanjang dengan 3 x 1 tablet per hari selama 30 hari. Apakah dosis tersebut tidak kelebihan? dan apa efek samping yang mungkin muncul??

  31. apa ada kontraindikasi antara vaksinasi TT dengan konsumsi acyclovir? terima kasih

  32. saya kena penyakit herpes pada bibir..saya belum pernah melakukan hubungan seksual,saya bingung bagaimana bisa saya tertular (saya juga tidak pernah melakukan ciuman).
    pertama kali kena herpes saya diberi obat acyclovir dan sembuh.sebulan kemudian muncul lagi.
    pertanyaan saya :
    1. apakah saya harus terus tergantung poda obat itu?
    2. apa efek samping apabila terus mengkonsumsi obat tersebut
    3. apakah herpes ini bisa pindah ke bagian tubuh lain nya (terutama kelamin).
    4. kalau herpes saya sudah sembuh apakah jika melakukan ciuman bisa menulari pasangan?
    5. bagaimana cara agar penyakit ini tidak kambuh lagi?
    trimakasih

  33. berapa lama waktu untuk acyclovir mulai terserap dari saluran cena setelah minum??

  34. dalam kondisi tidak terserang virus/dlm keadaan virus tdk bekerja, apakah saya akan menularkan virus herpes, jika saya berhubungan? apakah selamanya saya tidak bisa berhubungan dengan pasangan saya? apakah pasangan saya masih bisa hamil? terus apakah bisa berpengaruh terhadap kehamilan atau calon bayi?

  35. kata dokter ibu saya terkena virus herpes.tetapi itu terjadi di kaki (betis)kira-kira acyclovir itu bisa menyembuhkan apa tidak? karena kalau penyakit itu sedang kambuh. rasanya sakit sekali. Dan apakah penyakit ini bisa disembuhkan?

  36. Baru tadi siang saya periksa ke dokter.. saya kena herpes.. punggung saya di bagian sisi kiri merah-merah dan penuh gelembung-gelembung kecil yg isinya nanah..
    dikasih TABLET ACYCLOVIR juga..
    aduhh perih dan panasnya luar biasa.. katanya sembuhnya lama yaa?? bisa sampai seminggu 2 minggu?? duhh viruss nya dapet dari mana yaa nih?? hiks.. sangat-sangat mengganggu aktivitas… T_T
    dok, apaa iyaa bisa kambuh lagii nantinya???

  37. Baru tadi siang saya periksa ke dokter.. saya kena herpes.. punggung saya di bagian sisi kiri merah-merah dan penuh gelembung-gelembung kecil yg isinya nanah..
    dikasih TABLET ACYCLOVIR juga..
    aduhh perih dan panasnya luar biasa.. katanya sembuhnya lama yaa?? bisa sampai seminggu 2 minggu?? duhh viruss nya dapet dari mana yaa nih?? hiks.. sangat-sangat mengganggu aktivitas… T_T
    dok, apaa iyaa bisa kambuh lagii nantinya???

  38. kenapa herpes saya,kambuh setiap 1 bulan sekali?
    setau saya,orang lain kambuh dalam waktu yg lama..
    ada yg tau gk?

    • farmakoterapi-info

      @ Boy : apakah herpes anda sudah diobati dengan benar dan tuntas ? Silakan konsul ke dokter dan ikuti aturan pakai obat yang diberikan sampai tuntas. Kalau itu sudah dilakukan, perhatikan faktor pencetusnya yang memicu.

  39. Wajah saya jadi berkutil karena Herpes…mohon saran bagaimana cara efektip untuk menghilangkannya.
    Saya sudah coba operasi namun malah muncul di tempat lain jadi sy tidak berani lagi untuk lakukan operasi kulit.
    terima kasih.

  40. tadi pagi saya ke dokter utk konsultasi semacam peradangan/kemerahan di pelipis muka sebelah kanan, katanya itu tuh herpes…saya bilang “hah, kok bisa?” terus abis magrib-nya muncul semacam 3 benjolan putih di bibir bawah semacam nanah. saya jadi merasa ngeri,….takut. plZZ tolong!!

    gimana caranya untk mennghentikan penyebaran-nya terutama daerah muka?
    (saya sudah di kasih salep acylcovir, oleh dokter)

    kal bener terjadi bekas luka setelah sembuh apakah luka bekas herpes dimuka bisa hilang???

    pengobatannya gimana?

    sembuh nya brp lama?

    tolong pliz…!! kalo kyak gini saya gk bisa masuk kerja :(

    Terima kasih, balas plz!

  41. makasi pak !!! tapi apakah penyakit ini akan muncul lagi setelah di obati

  42. suamiku terdiaknosa penyakit herves yg ga pernah ada sebelumnya, penyakitnya itu awalnya timbul dari kakinya yg pegel2 trus sudah di pijet kok malahan keluar bintik2 merah selingkaran aja tp 2 hari kemudian timbul disebelahnya trus tambah banyak sampai2 maaf didaerah pantat ada jg saya jd takut sakit apa ini, dukanya hari libur ga bs kontrol kedokter perasaan ku miris lihat orang yg aku cintai mengalami hal ini….dokter mohon bantuannya untk sementara apa yg bs sy lakukan.tq atas infonya

  43. A medication is a licenced drug taken to cure or reduce symptoms.

  44. Coba dateng ke dokter Mia Moegni, dia punya obat yang cukup manjur. Dulu saya parah tapi sekarang lebih lama kambuhnya, yang penting pasrah aja bro.. emang penyakit ini harus disyukuri sebagai nikmat Tuhan

  45. Sori…Dr Mia Moegni di Jl Diponegoro di klinik Moegni, prakteknya pagi2 pk 07 – 09. Semoga bermanfaat

  46. saya kena herpes di bibir, sebelumnya saya sudah terkena penyakit itu dan sudah pergi ke dokter kulit
    3 minggu kemudian herpes saya sembuh tapi..2 minggu setelah sembuh penyakit itu kambuh lagi.
    1. Apakah ada faktor-faktor yang menyebabkan penyakit itu kambuh lagi? Karena saya suka makan apakah makanan merupakan salah satu dari faktor tersebut?
    2. Apa Obat atau cara yang tepat untuk menyembihkan penyakit itu? dan apa saja langkah pencegahan agar tidak terulang kembali?
    Terimaksih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s