METADON??? EFEKTIF UNTUK MENANGANI DRUG ABUSE…

Apa Metadon Itu?
Metadon adalah opiat (narkotik) sintetis yang kuat seperti heroin (putaw) atau morfin, tetapi tidak menimbulkan efek sedatif yang kuat. Metadon biasanya disediakan pada program pengalihan narkoba, yaitu program yang mengganti heroin yang dipakai oleh pecandu dengan obat lain yang lebih aman.
Metadon bukan penyembuh untuk ketergantungan opiat: selama memakai metadon, penggunanya tetap tergantung pada opiat secara fisik. Tetapi metadon menawarkan kesempatan pada penggunanya untuk mengubah hidupnya menjadi lebih stabil dan mengurangi risiko penggunaan narkoba suntikan, dan juga mengurangi kejahatan yang terkait dengan kecanduan. Dan karena diminum, penggunaan metadon mengurangi penggunaan jarum suntik bergantian.
Program metadon sering mempunyai dua tujuan pilihan. Tujuan pertama adalah untuk membantu pengguna berhenti memakai heroin (detoksifikasi), diganti dengan takaran metadon yang dikurangi tahap-demi-tahap selama jangka waktu tertentu. Tujuan kedua adalah untuk menyediakan terapi rumatan (pemeliharaan), yang memberikan metadon secara terus-menerus dengan dosis yang disesuaikan agar pengguna tidak mengalami gejala putus zat (sakaw).

Bagaimana Metadon Dipakai?
Metadon biasanya diberikan pada klien program dalam bentuk sirop yang diminum di bawah pengawasan di klinik setiap hari. Setiap klien membutuhkan takaran yang berbeda, karena adanya perbedaan metabolisme, berat badan dan toleransi terhadap opiat. Beberapa waktu dibutuhkan untuk menentukan takaran metadon yang tepat untuk setiap klien. Pada awalnya, klien harus diamati setiap hari dan reaksi terhadap dosisnya dinilai. Jika klien menunjukkan gejala putus zat, takaran harus ditingkatkan. Umumnya program mulai dengan takaran 20mg metadon dan kemudian ditingkatkan 5-10mg per hari. Biasanya klien bertahan dalam terapi dan mampu menghentikan penggunaan heroin dengan takaran metadon sedang hingga tinggi (60-100mg).

Apa Efek Samping Metadon?

Walaupun metadon biasanya ditoleransi dengan baik, kadang klien mengalami efek samping:
• mual, muntah: 10-15 persen mengalami efek samping ini, yang biasanya hilang setelah beberapa hari
• sembelit: seperti opiat lain, gizi dan olahraga dapat membantu
• keringat: dapat muncul sebagai efek samping
• amenore: masa haid terlambat, atau kadang kala lebih teratur
• libido: metadon dapat menurunkan gairah seksual
• kelelahan: dapat dikurangi dengan mengurangi takaran

Apakah Metadon Berinteraksi dengan Obat Lain?
Tetapi beberapa obat dapat mempengaruhi efek metadon. Jadi petugas klinik metadon seharusnya selalu memantau penggunaan obat lain oleh kliennya. Bila setelah mulai memakai obat lain klien mengalami sakaw atau sedasi, sebaiknya takaran metadon disesuaikan. Sebaliknya, setelah obat tersebut dihentikan, takaran metadon harus disesuaikan lagi.

Garis Dasar
Metadon adalah opiat sintetis yang dapat dipakai untuk mengganti heroin. Terapi rumatan metadon merupakan program harm reduction atau pengurangan dampak buruk penularan HIV/AIDS melalui penggunaan narkotik suntik.
Karena ada interaksi antara metadon dengan beberapa obat yang dipakai oleh Odha (Orang dengan HIV AIDs), petugas klinik metadon harus mengetahui bila klien mulai memakai obat baru, atau berhenti memakainya, agar takaran metadon dapat disesuaikan bila dibutuhkan.

Menurut beberapa orang yang telah menjalani program terapi rumatan, bila sudah memakai Metadon, keinginan memakai putaw jadi berkurang. Kalau dipaksa tetap memakai putauw, malah menjadi hambar, karena ada sistem blocking yang membuat reaksi putaw tak terjadi. Harga Metadon itu sendiri pada takaran 95 mililiter hanya berharga Rp 7.000. Paling mahal, harga Metadon berkisar Rp 15.000. Sebuah nilai yang rasanya pantas menjadi obat pengalih kecanduan heroin seperti putaw.

Pustaka :

http://spiritia.or.id/li/bacali.php?lino=670

http://www.sinarharapan.co.id/berita/0703/30/ipt01.html

http://satudunia.oneworld.net/article/view/154939/1/

http://www.aids-ina.org/modules.php?name=AvantGo&file=print&sid=508

http://www.aidsindonesia.or.id/index.php?Itemid=2&id=537&option=com_content&task=view

http://www.jangkar.org/index.php?option=com_content&task=view&id=222&Itemid=50

Disusun oleh:
• Ratna Utami Lukitaningtyas 058114118
• Ester Caroline 058114120
• Silvia Sugiarto 058114124

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s