PENGGUNAAN ANALGETIKA PADA PENDERITA MIGREN

PENGGUNAAN ANALGETIKA PADA PENDERITA MIGREN
Disusun oleh
Severina Sri Haryuni Wiratwanti S.,Farm
( 078115029 )

Pendahuluan
Tuan Alex sudah hafal kapan migrennya kumat, yaitu jika penglihatannya mulai melihat dobel, agak kabur, dan badannya merasa kesemutan, dan benar, beberapa jam setelah itu migrennya datang. Terasa berdenyut-denyut di pelipis, dahi, dan berat disekitar mata sisi kanan. Nyeri akan semakin berat menjalar ke kuduk dan bahu, yang dirasakan hingga beberapa jam. Jika serangan berat sering tidak bisa melakukan pekerjaan apapun. Kejadian migren ini bisa terjadi 3-4 kali dalam sebulan. Pada saat migren menyerang Tuan Alex juga sering merasakan tangan dan kakinya terasa dingin, ulu hati tidak enak, mual dan sesekali muntah, jemari tangan membengkak, dan wajah kadang sembab.
Apa sih sebenarnya Migren itu?
Harus dibedakan antara migren dengan sekedar sakit kepala sebelah. Pada kasus tension headache (nyeri kepala tegang) bisa muncul sakit kepala yang menyerupai migren juga. Bedanya, nyeri kepala tension headache tidak disertai gejala pendahuluan, langsung terasa nyeri kepala yang terpusat dikuduk. Kuduk terasa kencang dan kaku, dan nyeri menjalar sampai ke bahu dan punggung. Tension headeache banyak diderita pekerja kantoran yang salah posisi duduknya saat bekerja. Selain peralatan kantor ergonomic (sesuai posisi tubuh) posisi duduk pun kurang tepat sehingga beban pundak menjadi berat.
Jenis nyeri kepala tegang juga sering sebagai akibat beban jiwa. Bedanya dengan sakit kepala biasa, pada tension headache rasa kencang, pegal, dan kaku di kuduk tidak hilang dengan pijitan dan obat gosok. Untuk meringankan beban jiwa, pasien sakit kepala tegang butuh obat penenang selain pereda nyeri. Jika nyeri kepala tension headache menyerang sebelah kepala, jenis sakit kepala begini tergolong sindrom migren, bukan betulan. Dalam keseharian tidak sedikit orang yang mengeluh begini lalu berangapan kena migren.
Sakit kepala sebelah (hemicranial) bukanlah migren jika tidak didahului gejala pembuka seperti lazim dialami pasien migren. Ragam gejala pembuka migren sangat bervariasi. Tanda gejala pembuka sakit kepala sebelah pasti bukan migren betulan.
Migren betulan dikenal sebagai migren klasik. Pada migren klasik setelah gejala pembuka muncul disusul rasa nyeri yang bermula dari sisi kepala bagian puncak kepala ke pelipis, kemudian rasa nyeri ini mengumpul di bagian hidung, lalu ke sekitar mata. Selagi nyeri menghebat mungkin muncul silau, penglihatan kabur, gelap sebagian, mual, muntah, mulas sampai mencret.
Duapertiga kasus migren menyerang salah satu sisi kepala, kalau tidak sisi kanan atau sisi kiri saja. Namun ada sepertiga kasus migren yang bisa bergantian: kalau tidak menyerang sisi kiri saat lain menyerang sisi kanan. Yang pasti, begitu serangan migren mereda, semua keluhan maupun gejala pembuka migren hilang. Keluhan dan gejala yang sama muncul lagi bila migrennya kumat.
Sampai dengan saat ini belum seluruhnya jelas mengapa orang tertimpa migren. Yang terjadi pada kasus migren pembuluh darah didalam kepala entah mengapa mengucup. Keadaan ini yang mendahului serangan. Pengucupan pembuluh darah otak mengganggu fungsi otak ini. Gangguan fungsi otak ini yang terbaca sebagai gejala pembuka migren.
Secara otomatis, untuk mengimbangi pengucupan pembuluh darah otak, pembuluh darah di luar otak (di antaranya yang diluar kulit kepala) akan mengembang. Mengembangnya pembuluh darah di luar kepala itulah yang menimbulkan nyeri kepala. Mengapa pembuluh darah didalam kepala mendadak menguncup, diduga karena ada faktor bakat. Pada orang-orang tertentu pembuluh darah didalam kepalanya ”cacat”. Mekanisme pengaturan pengembangan dan menguncupnya pembuluh darah otak mengalami kekacauan. Migren bisa diderita semua usia, namun wanita lebih sering dari pada pria.
Menyerupai Stroke
Gejala pembuka migren biasanya berlangsung beberapa menit. Pasien mendadak lemah atau kesemutan separo badan, mendadak gagap berbicara, terjadinya gangguan melangkahkan kaki dan bola mata sukar dilirikkan. Tak lama setelah itu serangan nyeri kepala muncul.
Adakalanya serangan nyeri kepala baru muncul setelahlebih dari 10 jam sehabis gejala pembuka. Migren begini tergolong migren berkomplikasi. Pada kasus begini, migren sering dikira seangan stroke. Untuk memastikan serangan migren itu bukan serangan stroke, perlu dilakukan pemeriksaan kondisi pembuluh darah batang leher carotis (arteriografi). Jika positif ada kelainan, berarti benar itu serangan stroke. Pada migren pembuluh normal.
Pasien migren biasanya mengalami penimbunan cairan di beberapa bagian tubuh, sehingga mungkin wajah nampak membengkak, selain kelopak mata sembab, dan jari lebih besar dari biasanya, cincin dan sepatu menjadi lebih sempit. Migren sering menyerang pagi hari. Pada orang tertentu diet tertentu bisa mencetus serangan migren. Habis makan coklat dan kacang tertentu migren bisa kambuh. Pada wanita muda, migren bisa dahulu tidak sadarkan diri.
Migren juga berkaitan dengan hormon otak serotonin. Jika sadar serotonin rendah, migren kumat. Pasang surut kadar serotonin mencerminkan kondisi emosi. Itu sebab diduga ikut berpengaruh terhadap bangkitnya serangan migren.
Pengobatan
Tujuan
Tujuan pengobatan migren untuk (1) mengurangi nyeri akut, (2) memulihkan fungsi normal, (3) mencegah kekambuhan dan meminimalkan efek samping. Untuk sakit migren yang kronis tujuan yang lainnya adalah untuk mengurangi frekuensi sakit kepala yang ditimbulkan.
Terapi non farmakologi
Migren kronis biasanya membutuhkan pengobatan seperti terapi fisik dan latihan relaksasi. Umumnya terapi fisik melonggarkan dan memperkuat otot yang sakit, hal ini lebih efektif dibandingkan dengan pemberian obat untuk mengatasi migren ini.
Pengobatan secara umum untuk migrein termasuk (1) mengatur jadwal tidur dan makan secara teratur (2) mengatasi stress.
Pengaturan nutrisi bertujuan untuk mencegah migrein berdasar pada : (1) pembatasan makanan yang dapat memicu migrein (2) menghindari kelaparan dan rendahnya glukosa dalam darah (3) suplemen magnesium. Terapi nutrisi yang makanan yang disarankan tidak mengandung nitrit karena nitrit dapat memperlebar pembuluh darah. Makanan lain yang harus dihindari Makanan lain yang harus dihindari seperti coklat, sakarin, kafein, dan MSG. Hindari lingkungan yang bisa memicu migren , seperti asap rokok, suara bising dan bau yang menyengat.
Terapi farmakologi
Analgetika
Analgetika atau obat penghalang nyeri adalah zat-zat yang mengurangi atau menghalau rasa sakit tanpa menghilangkan kesadaran. Berasal dari bahasa Yunani yaitu an
Yang berarti tanpa dan algia yang berarti nyeri. Nyeri adalah perasaan sensoris dan emosional yang tidak enak dan yang berhubungan dengan gangguan atau kerusakan jaringan. Nyeri dapat terjadi karena rangsangan mekanis, kimiawi atau fisis yang menimbulkan kerusakan jaringan. Rangsangan tersebut memicu pelepasan zat-zat tertentu yang disebut mediator nyeri. Mediator nyeri terdiri antara lain histamin, serotonin, bradikinin, leukotrien, dan prostaglandin.
Contoh obat : Asetaminofen atau yang lebih populer dengan nama parasetamol (nama generik)
Parasetamol
Indikasi : Analgetika ini memiliki indikasi untuk mengatasi nyeri migren yang bersifat ringan sampai sedang. Obat ini bekerja dengan meringankan rasa sakit yang bersifat sementara. Kerjanya menghambat mediator nyeri terutama prostaglandin di otak.
Kontra-indikasi : Untuk anak dibawah umur 12 tahun dan anak yang sedang disusui. Obat ini juga tidak diperuntukkan bagi pasien yang sebelumnya pernah mengalami Hipersensitif terhadap obat ini, ulserasi saluran cerna, hemofilia.
Bentuk sediaan beserta dosisnya :
Dosis oral : 0,5-1 g tiap 4-6 jam hingga maksimum 4g sehari. Anak 2 bulan 60 mg. 3bulan -1 tahun 60-120 mg, 1-5 tahun 120-250 mg, 6-12 tahun 250-500 mg. Dosis-dosis ini boleh diulang tiap 4-6 jam bila diperlukan ( maksimum 4 dosis dalam 24 jam). Bentuk sediaan Kapsul 325, 500mg ; chew tab 80, 160 mg ; SR tab 650 mg; tab 160, 325,500, 650mg ; drp 48, 100 mg/ml ; elxr 16, 24, 26, 32, 65 mg/ml; sirup 32 mg/ml ; supp 80, 120, 300, 325, 650 mg.
Efek Samping :
Biasanya ringan dan tidak sering tetapi insidens tinggi untuk iritasi saluran cerna dengan pendarahan ringan yang tanpa gejala, memanjangnya waktu pendarahan :bronkospasme, dan reaksi kulit pada pasien hipersensitif.

Reaksi obat yang tidak dikehendaki :
Pada over dosis akut , kemungkinan dapat terjadi nekrosis hepatic fatal/ tubuli renal, tetapi bukri klinis dan laboratorium mengenai keracunan kemungkinan baru muncul setelah beberapa hari. Hepatitis toksik juga dapat terjadi pada pemakaian jangka panjang 5-8 g/ hari selama beberapa minggu atau 3-4 g/ hari selama satu tahun.
Tindakan Pencegahan :
Jika terjadi reaksi sensitif, hentikan pengobatan. Gunakan dengan hati-hati pada alkoholik kronis (tidak lebih dari 2g/hari).
Contoh nama dagang :
Bodrex (tablet 500mg) ; Pamol (Sirup 120mg/5ml ; tablet 500 mg); Panadol (drops 100 mg/ml; Kaptab 500 mg sirup 160mg/5 ml; tab kunyah 80 mg) ; Sanmol (droups 80ml/ 0,8 ml; sirup 120mg/5ml tablet 500 mg) Tempra (droups 100mg/ml; sirup 160 mg/ml).

Daftar Pustaka
Anonim, 2000, Informatorium Obat Nasional Indonesia (IONI), Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Anonim, 2006, Obat-Obat Penting Untuk Pelayanan Kefarmasian, Laboratorium Manajemen Farmasi dan Farmasi Masyarakat Bagian Farmasetika UGM.

Maryanix 2005, Applied Therapeutics The Clinical Use of Drug, Edision 8th , Library of Congress Cataloging in publication Data, USA.

One response to “PENGGUNAAN ANALGETIKA PADA PENDERITA MIGREN

  1. Pingback: BEKAM : Selamat Tinggal MIGREN..!! « –(طبيب الطب النبوي) Dokter Pengobatan Nabawi–

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s