Berhenti merokok

Tanggal 15 Agustus 1998, merupakan hari terakhir saya merokok. Sejak saat itu dan sampai hari ini, saya betul-betul telah berhenti merokok. Mengapa saya berhenti merokok, padahal merokok itu menyenangkan lho,…kalau kita sepi sendiri, lagi capek banget, lagi bengong dan tak tahu mau ngapain, maka sebatang rokok merupakan ‘teman setia’ yang selalu bersedia untuk menemani. 

Pada tahun tersebut, istri saya lagi hamil anak kedua dan pada bulan agustus tersebut, saya akan menempati rumah yang sekarang saya tempati ini. Pada waktu itu saya berpikir, kalau anak saya yang kedua ini laki-laki, bagaimana saya bisa melarang dia ‘merokok’ selama saya masih merokok ? Saya tidak tahu mengapa saya mempunyai pikiran seperti itu, ditambah dengan kalau saya banyak merokok, maka saya akan batuk2 terus dan rasanya untuk bernapas itu agak sesak, maka saya memutuskan saat itu bahwa saya harus BERHENTI MEROKOK. Berhenti merokok..banyak sekali teorinya, mulai dari merokok dalam jumlah sedikit, mengurangi hanya setelah makan saja, membuang semu aasbak, tidak beli lagi, tidak kumpul dengan sesama perokok dll. Ternyata semua teori itu tidak mudah untuk dijalankan. Kalau bertemu dengan teman, walau saya udah janji tidak merokok, ternyata susah juga, saya ya tetap merokok lagi. Namun sejak saya memiliki pemikiran untuk memberikan ‘contoh terbaik’ untuk anak-anak saya serta memikirkan kesehatan jangka panjang..maka niat untuk berhenti merokok kian kuat dan berusaha untuk segera merealisasikannya. Saya say good bye dengan rokok, dengan membuang semua asabak yang saya punya, tidak menyimpan rokok lagi dan untuk teman yang bertamu kalau dia peroko maka saya akan minta dia untuk merokok di luar rumah. Dan Puji Tuhan, semuanya itu berhasildan walaupun 3 bulan pertama sangat berat rasanya (seperti withdrawl syndrome) saya akhirnya bisa mengatasinya. Pelajaran berharga untuk saya yaitu NIAT akan memberikan energi yang luar biasa untuk kesuksesan suatu usaha dan berikutnya memikirkan masalah KESEHATAN PRIBADI juga memberikan dorongan yang amat kuat dalam merealisasikan NIAT tersebut. Kalau kita punya RENCANA, jangan ragu-ragu, segera REALISASIKAN, asal kita sungguh2  maka PASTI BERHASIL. Good Luck !

yw-motivation

One response to “Berhenti merokok

  1. Salam,
    Memang benar mas ,yang pertama dapat membuat kita bertindak adalah pikiran kita ,demikian juga untuk menjaganya tetap pada keputusan yang telah kita buat adalah pikiran kita sendiri ,tips-tips untuk berhenti merokok selama ini hanya mengalihkan saja pikiran kita utk merokok dengan aktivitas lain ,sehingga disini sering kali terjadi kegagalan untuk berhenti merokok.
    Nah sekarang masalahnya bagaimana pikiran kita dapat berubah ? …… ada teknik merubah pola pikiran kita dan bagaimana teknik mendorong pikiran kita ke arah untuk berhenti merokok…;-)

Leave a Reply

