MAU TAU TENTANG MINUMAN BERALKOHOL?!?

MAU TAU TENTANG

MINUMAN BERALKOHOL?!?

Kebanyakan anak-anak jaman sekarang, bahkan mungkin sedari SD, ingin tahu tentang minuman beralkohol (minuman keras), entah hanya ingin tahu sampai ingin mencoba. Tapi…buat kalian yang belum pernah mencobanya, tolong pertimbangkan lagi dech setelah mbaca artikel ini. OK?!? Artikel ini juga buat kalian yang ingin tahu tentang minuman beralkohol, untuk pengetahuan, biar ga’ ketinggalan jaman, dan ga’ bakal niat buat nyobain deh.

Alkohol adalah zat yang paling sering disalahgunakan manusia, alkohol diperoleh atas peragian/fermentasi madu, gula, sari buah atau umbi-umbian. Dari peragian tersebut dapat diperoleh alkohol sampai 15% tetapi dengan proses penyulingan (destilasi) dapat dihasilkan kadar alkohol yang lebih tinggi bahkan mencapai 100%. Kadar alkohol dalam darah maksimum dicapai 30-90 menit. Setelah diserap, alkohol / etanol disebarluaskan ke suluruh jaringan dan cairan tubuh. Dengan peningkatan kadar alkohol dalam darah orang akan menjadi euforia, namun dengan penurunannya orang tersebut menjadi depresi.

Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif dan konsumsinya menyebabkan penurunan kesadaran. Di berbagai negara, penjualan minuman beralkohol dibatasi ke sejumlah kalangan saja, umumnya orang-orang yang telah melewati batas usia tertentu.

Ada 3 golongan minuman berakohol yaitu :

1. Golongan A : kadar etanol 1%-5% (bir)

2. Golongan B : kadar etanol 5%-20% (anggur/wine)

3. Golongan C : kadar etanol 20%-45% (Whiskey, Vodca, TKW, Manson House, Johny Walker, Kamput).

Jenis minuman beralkohol

v Anggur, Bir, Bourbon, Brendi, Brugal, Caipirinha, Chianti, Mirin, Prosecco, Rum, Sake, Sampanye, Shōchū, Tuak, Vodka

Bila seseorang mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, zat tersebut diserap oleh lambung, masuk ke aliran darah dan tersebar ke seluruh jaringan tubuh, yang mengakibatkan terganggunya semua sistem yang ada di dalam tubuh.
Besar akibat alkohol tergantung pada berbagai faktor, antara lain berat tubuh, usia, gender, dan sudah tentu frekuensi dan jumlah alkohol yang dikonsumsi.

Efek samping

Bila dikonsumsi berlebihan, minuman beralkohol dapat menimbulkan ganggguan mental organik (GMO), yaitu gangguan dalam fungsi berpikir, merasakan, dan berperilaku. Timbulnya GMO itu disebabkan reaksi langsung alkohol pada sel-sel saraf pusat. Karena sifat adiktif alkohol itu, orang yang meminumnya lama-kelamaan tanpa sadar akan menambah takaran / dosis sampai pada dosis keracunan atau mabuk.

Mereka yang sudah ketagihan biasanya mengalami suatu gejala yang disebut sindrom putus alkohol, yaitu rasa takut diberhentikan minum alkohol. Mereka akan sering gemetar dan jantung berdebar-debar, cemas, gelisah, murung, dan banyak berhalusinasi.

Efek moderat : euphoria (perasaan gembira dan nyaman), lebih banyak bicara dan rasa pusing.

Efek setelah minum dalam jumlah besar :

– banyak sekali berbicara

– muntah

– sakit kepala, pusing

– rasa haus

– rasa lelah

– disorientasi

– tekanan darah menurun

– refleks melambat

Akibat Penggunaan Jangka Panjang :

– Kegelisahan

– Gemetar / tremor

– Halusinasi

– Kejang-kejang

– Bila disertai dengan nutrisi yang buruk, akan merusak organ vital seperti otak dan hati

Ketergantungan alkohol

Penyebab utama ketergantungan alkohol adalah racun yang disebut congeners yang dihasilkan saat fermentasi (peragian) pada proses pembuatan alkohol tersebut. Beberapa minuman seperti seperti whisky, rum, brandy dan anggur mengandung lebih banyak congeners dibandingkan minuman lain. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya ketergantungan akan alkohol. Salah satu cara pasti yang aman untuk mengurangi ketergantungan adalah dengan asupan air putih yang lebih banyak sebelum tidur, cairan yang berlebihan dapat mengurangi efek dehidrasi yang ditimbulkan alkohol dan dengan cepat dapat mengeliminasi racun dari tubuh. Minumlah 2 gram vitamin C dengan vitamin B kompleks sebelum tidur, zat-zat nutrisi ini membantu membersihkan alkohol di dalam darah.

SEBAB-SEBAB ORANG MENJADI PEMINUM

Kalau kita perhatikan dengan baik sebab-sebab orang peminum, pendorong utamanya terletak pada diri sendiri:

· Keingintahuan yang besar untuk mencoba, tanpa sadar atau berpikir panjang mengenai akibatnya.

· Keinginan untuk bersenang-senang.

· Keinginan untuk mengikuti trend atau gaya.

· Keinginan untuk diterima oleh lingkungan atau kelompok.

· Lari dari kebosanan, masalah atau kesusahan hidup.

· Pengertian yang salah bahwa penggunaan sekali-sekali tidak menimbulkan ketagihan.

· Tidak mampu atau tidak berani menghadapi tekanan dari lingkungan atau kelompok pergaulan

· Tidak dapat berkata TIDAK terhadap alkohol

Nah dari sini kan jelas masalahnya adalah banyak remaja tidak percaya diri sehingga mudah terpengaruh dan tidak berpikir kritis tentang akibat terhadap masa

depan. Karena itu mari kita mulai membangun kepercayaan diri yang lebih tinggi dan selalu berpikir dua kali secara kritis tentang akibat dari pilihan-pilihan kita. Kreatiflah mencari berbagai kegiatan lain yang lebih sehat dan berguna.

Oleh karena itu, perlu kiat-kiat untuk melindungi diri :

Mengatasi Rasa Rendah Diri

Rendah diri adalah keadaan ketika seseorang tidak dapat menghargai dan menerima diri sendiri sejajar dengan orang lain dan selalu merasa punya kekurangan.

Kita begitu tinggi nilainya di hadapan Tuhan sehingga kita harus mengatasi rasa rendah diri kita. Caranya:

1. Mampu mengontrol diri

2. Menghargai orang lain

3. Melihat kekurangan dan kelebihan diri (menyadari diri)

4. Menyatakan pikiran dan perasaan dengan bebas (komunikasi efektif)

5. Menghargai kemampuan dan kelebihan diri sendiri

6. Bergaul dengan banyak teman (hubungan positif dengan sesama)

7. Mengikuti kegiatan-kegiatan positif untuk menemukan bakat-bakat kita

Orang yang punya kepercayaan diri tinggi biasanya lebih mampu melindungi dirinya dari pengaruh-pengaruh negatif yang merugikan, dan justru dapat membantu lingkungannya.

Berkomunikasi dengan Terbuka, Tegas (asertif) dan Mampu Menolak Ajakan

Berkomunikasi secara terbuka dan Asertif adalah kemampuan menyampaikan apa yang diinginkan dan dipikirkan kepada orang lain dengan menjaga perasaan pihak lain. Banyak orang tidak berani berkomunikasi secara terbuka dan tegas (asertif) karena takut terhadap orang lain, takut jika dirinya tidak lagi disukai atau diterima di lingkungan kelompok atau teman sebayanya.

Sekuat apapun pengaruh dan ajakan dari pertemanan tersebut, remaja harus tetap memiliki rasa percaya diri, berani menolak, dan bisa menilai secara kritis hal-hal yang dapat merugikan dan membahayakannya, seperti menolak ajakan yang tidak bermanfaat (mabuk).

Menolak pengaruh atau ajakan teman tidak harus dilakukan dengan kasar atau marah, tetapi dapat dilakukan dengan halus dan sopan, tetapi tegas dan dengan alasan yang masuk akal. Dengan cara yang baik tetapi tegas (asertif), teman yang mengajak dapat mengerti dan akan berhenti merayu atau memaksa. Carilah cara-cara dan alasan yang tepat untuk menolak, tanpa menyakiti perasaan teman kita.

Kiat-Kiat Menolak Ajakan

1. Untuk dihargai orang, tidak harus selalu mengikuti kemauan orang lain. Orang yang berpendirian kuat biasanya lebih dihargai dan disukai teman-temannya.

2. Menolak ajakan harus disampaikan dengan jelas dan tegas. Katakan : “Tidak, Terima kasih!”; atau “Maaf, saya tidak bisa ikut”, “Maaf, saya tidak mau mencobanya”.

3. Bila perlu atau merasa tidak nyaman, segeralah tinggalkan tempat “berbahaya” itu. Katakan : “Saya harus pergi, saya harus bertemu dengan seorang teman” atau “ada hal lain yang harus saya kerjakan!”

Akhir kata, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda sekalian yang membacanya.

Sumber Info

http://www.indoforum.org/showthread.php?t=2293

http://www.kapanlagi.com/a/0000002188.html

http://nusaindah.tripod.com/alkohol.htm

http://www.susukolostrum.com/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=558

http://www.unicef.org/indonesia/id/HIV-AIDSbooklet_part4.pdf

http://id.wikipedia.org/wiki/Minuman_beralkohol

Disusun oleh :

Maria Paulina Hartaya (058114046)

Margaretha Angela Giovanny Bintoro (058114056)

Ermin Setya Ningsih (058114127)

Reni Puspitasari (058114157)

9 responses to “MAU TAU TENTANG MINUMAN BERALKOHOL?!?

  1. Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!http://www.infogue.com

  2. farmakoterapi-info

    Pro infogue:
    Thanks infonya, akan saya coba. Apakah saya bisa dikasih tahu untuk ganti theme yang kayaknya lebih ‘eye catching’

    Salam blogger

  3. artikel ini sangat menarik dan membuka pengetahuan. jika boleh saya ingin bertanya apa kaitannya alkohol dengan darah terutama pada jumlah eritrosit dan kadar hemoglobinnya karena qt tahu biasanya tes hematologi menggunakan 2 hal tersebut. boleh saya minta jawaban di email saya? atas perhatian dan jawabannnya saya ucapkan terima kasih

  4. gw adalah seorang cwe berumur 16 thn, skrg gw kls 3 sma… gw knl minuman+rokok dr kelas 3 smp… gw udah bertemen sama itu semua… tmn” nongkrong gw juga peminum+perokok’… alhamdulillah skrg gw udah bisa berenti dr itu semua, meskipun ga semudah apa yg gw kira… tp berkat dukungan sahabat gw, gw udah janji ga bakal nyentuh itu semua… makasih ya buat sahabat gw itu… lw udah banyak ngerubah hidup gw…. (sory gw ga kasih tau namanya)

    jgn deh ngedeketin itu semua…..

  5. Diagnosa dokter, adik saya yg hari ini dirawat inap di RS, akibat minum alkohol dosis tinggi sdh kena syaraf mata, hgg skarang tdk bisa melihat, ada pengalaman?

  6. farmakoterapi-info

    Yth. Fien
    Konsumsi alkohol yang tinggi memang akan menyebabkan kerusakan pada saraf mata. Hal ini disebabkan karena terbentuknya produk “amadori’ suatu metabolit yang akan merusak saraf mata sehingga menyebabkan kebutaan. Namun hal ini lebih dominan kalau konsumsinya bukan alkohol (C2H5OH) tetapi metanol (CH3OH).

  7. terimakasih atas artikel-nya, berguna juga untuk generasi muda jaman sekarang dan generasi muda penerus bangsa ini.

  8. mantap sekali ajarin dong gimana cara menulis makalah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s