Tugas Napza

JAMUR AJAIB

Jamur ajaib atau magic mushroom yang dibicarakan dalam artikel ini merupakan jenis psilocybe spesies yang tumbuh pada media kotoran sapi atau banteng. Di Indonesia, jamur ajaib yang tumbuh pada kotoran banteng dipercaya dapat memberikan sensasi yang lebih kuat dibandingkan jamur ajaib yang tumbuh pada kotoran sapi. Oleh karena itu, kebanyakan penggemar jamur ajaib akan merujuk ke Cagar Alam Pananjung, Pangandaran karena di cagar alam tersebut terdapat banteng liar.

Cara penyajian jamur ini, biasanya dengan dibuat omelet telur atau dimasak dengan mie instan. Tetapi bagi yang tidak jijik, dapat langsung memakannya sesaat setelah dipetik dari media tumbuhnya. Sesaat setelah memakan jamur ajaib ini, orang akan mulai berhalusinasi, mengalami euphoria atau justru mengalami kesedihan yang berlebih (tergantung dari suasana hati pengguna saat mengkonsumsi). Indera perasa, terutama kulit dan lidah akan menjadi lebih sensitiv. Pengaruh jamur akan menyebabkan pengguna menjadi lebih individual atau lebih menikmati dunia halusinasinya sendiri. 

Jamur ajaib atau Magic mushroom termasuk dalam penggolongan BNN (Badan Narkotika Nasional) sebagai zat adiktif. Kandungan dari jamur ajaib yang bertanggungjawab sebagai halusinogenik adalah psilocybin dan psilocin. Setelah dikonsumsi, psilocybin akan dengan mudah diubah ke bentuk psilocin.  Psilocin ini akan memberikan efek pada dosis 2-20 mg sedangkan psilocybin, yang merupakan bentuk fosfat ester dari psilocin, memberikan efek pada penggunaan 3-30 mg. Kedua senyawa tersebut mempunyai durasi efek 4-7 jam.

Efek yang timbul setelah mengkonsumsi jamur ajaib ini mirip dengan efek yang ditimbulkan oleh obat psikotropika seperti LSD.  Lysergic acid (LSD) menimbulkan halusinasi terhadap tempat, warna, dan waktu. Biasanya jenis halusinasi ini digabungkan menjadi satu sehingga pengguna  terobsesi pada halusinasi tersebut dan ingin hanyut di dalamnya. Halusinasi tersebut bisa menjadi sangat indah, bahkan menyeramkan sehingga pengguna dapat menjadi paranoid dan gangguan mental. LSD dan jamur ajaib mempunyai kandungan kimia yang sama, yaitu psilocin dan psilocybin.

 Apakah jamur ajaib ini bersifat illegal ?

Jawabnya adalah “tergantung”. Bahan utama psikoaktif dalam jamur ajaib adalah psilocybin (psilocin). Di kebanyakan Negara psilocybin dan psilocin illegal. Meskipun demikian tidak sedikit banyak di Negara tidak mengindahkan larangan illegal tersebut. Dan pada banyak Negara melegalkan jamur ajaib yang masih fresh.

Di inggris sejak Juli tahun 2005 melarang adanya jamur ajaib. Sedangkan di Belanda pada 4 November 2002, akan tetapi bentuk kering jamur ajaib dinyatakan illegal karena psilocybin dianggap mengandung preparat makhluk hidup (sesuatu yang diproses dari bagian manusia). Namun bentuk fresh jamur ajaib tetap dilegalkan.

Berbahayakah jamur ajaib tersebut ??

Setelah seminggu mengkonsumsi jamur ajaib, baik tes urin maupun darah tidak menunjukkan adanya psilocybin. Psilocybin (tidak seperti cannabis/marijuana) tidak terlarut dalam lemak. Jadi psilocybin tidak akan tinggal lama di dalam tubuh, sehingga tidak terakumulasi di dalam jumlah banyak. Dari data tersebut maka sebenarnya tidak ada orang yang menggunakan dosis harian jamur ajaib (tidak seperti alcohol, kokain, heroin) karena jamur ajaib bukan termasuk obat adiktif dan efeknya akan hilang setelah mengkonsumsinya beberapa hari. Jadi kebanyakan orang hanya terdapat psilocybin dalam jumlah yang sangat kecil dalam tubuhnya.

Yosephin Buyunda E              048114067

Fransiska Rosari Dewi           048114104

 

 

 

One response to “Tugas Napza

  1. Psilocybin itu ALKALOID, residunya beracun (toxic) buat saraf otak. Penggunaan jangka pendek maupun jangka panjang akan membuat orang jadi bego, tolol dan lama kelamaan gila. Konsumsi Halucinogen dengan cara yang tidak dewasa dan tidak ditemani orang lain yang sadar sangat berbahaya karena bisa membuat orang yang lagi depresi bunuh diri tanpa sadar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s