nicotine replacement therapy

NICOTINE REPLACEMENT THERAPY

BY :

Lusia Lero Maya Sari               05-109

Tara Asie 05-112

Sarah Puspita Atmaja 05-140

Fanny 05-150


\rokok.bmp

Merokok berarti menghisap dan mengabsorbsi nikotin ke dalam tubuh, baik secara aktif maupun pasif. Nikotin sangat beracun, dan merupakan zat kimia adiktif yang ditemukan di tembakau. Nikotin memiliki fungsi sebagai zat perangsang (stimulan) dan sekaligus bisa memberikan efek menenangkan yang bekerja di susunan saraf pusat.

Jika seseorang sudah kecanduan merokok, maka sulit untuk menghentikannya, sehingga muncul reaksi withdrawal syndrome (gejala kecanduan) pada saat berhenti merokok seperti gugup, mudah marah, mengantuk, dan kurang konsentrasi.

Berhenti merokok memerlukan suatu proses, dan tidak dapat berlangsung dalam jangka waktu yang singkat karena melibatkan gejala ketergantungan atas nikotin dan perubahan kebiasaan. Selama berhenti merokok, rasa tidak nyaman karena ketagihan nikotin muncul ketika seseorang mengonsumsi nikotin dalam jumlah yang lebih sedikit dari biasanya.

Dua cara yang dapat dilakukan agar dapat berhenti merokok, yakni berhenti merokok secepat mungkin dan metode lainnya yaitu dengan nicotine replacement therapy (NRT). NRT adalah penggunaan produk yang mengandung nikotin untuk menggantikan nikotin yang didapatkan sebelumnya dari merokok. NRT menolong beberapa orang untuk mengurangi kecanduan nikotin setelah berhenti merokok.

Bentuk NRT yang telah dipasarkan adalah dalam bentuk patch, inhaler, nasal spray, gum, tablet sublingual, dan lozenge. NRT sangat berguna bagi pengguna tembakau yang ingin berhenti dari kecanduan dan cara ini bagi banyak orang sangat aman. Rokok menyebabkan kematian sekitar 5 juta tiap tahun. Orang yang menggunakan rokok tidak meninggal karena nikotin yang terdapat di dalam rokok, tetapi karena kandungan dalam asap tembakau seperti karbon monoksida dan tar. Rokok merupakan cara yang “kotor” dan berbahaya dalam menghantarkan nikotin, sedangkan NRT merupakan cara yang “bersih” dan aman.

NRT menghantarkan nikotin menuju otak pengguna rokok lebih lambat dibandingkan dengan rokok.

1. Nikotin patch

· Nikotin patch melepaskan sejumlah nikotin secara konstan ke dalam tubuh. Berbeda dengan nikotin yang terkandung dalam asap tembakau yang masuk ke pembuluh darah dengan segera melalui paru-paru, nikotin yang terkandung di dalam patch membutuhkan 3 jam untuk melalui lapisan kulit dan mencapai pembuluh darah pengguna.

· Patch yang digunakan bersifat adesif, patch yang berukuran lebar dapat menghantarkan nikotin lebih banyak melalui kulit.

· Nikotin patch tidak dapat dilepas, harus dipasang sepanjang hari sebagai pengganti rokok. Beberapa produk perlu diganti setiap 24 jam sekali. Beberapa produk hanya digunakan selama beraktivitas dan dilepas selama tidur

· Pemakaian patch nikotin dapat mengurangi beberapa gejala utama kecanduan rokok, seperti gugup, mudah marah, mengantuk, dan kurang konsentrasi.

· Beberapa efek samping pemakaian patch : iritasi kulit, pusing, denyut jantung yang cepat, insomnia, sakit kepala, mual, muntah, nyeri otot, dan menjadi orang yang tidak ramah.

2. Nikotin Gum

· Nikotin gum menghantarkan nikotin ke otak dengan cepat daripada bentuk sediaan patch, walaupun berbeda dengan rokok, yang secara spontan melalui aliran darah sepanjang paru-paru; nikotin gum memerlukan waktu beberapa menit untuk mencapai otak.

· Nikotin gum tidak dikunyah seperti permen karet biasa. Ketika memasukkan gum dalam mulut, dikunyah beberapa kali, kemudian letakkan di antara pipi dan gusi. Nikotin dari permen karet akan masuk ke sistem melalui pembuluh darah rongga mulut. Jika terus dikunyah, tanpa diletakkan/didiamkan, nikotin akan dilepaskan secara langsung ke dalam saliva, yang akhirnya akan ditelan, membuat sakit perut dan ketagihan rokok.

· OTC gum tersedia dalam dosis 2 mg (untuk perokok yang merokok £ 24 batang per hari) dan 4 mg (untuk perokok yang merokok ³ 25 batang per hari).

· Nikotin gum membantu mengalihkan kecanduan rokok tanpa tar dan gas beracun seperti yang terdapat dalam rokok.

· Nikotin gum harus digunakan dengan benar agar efektif. Langkah penggunaan nikotin gum meliputi:

Berhenti merokok ketika memulai terapi nikotin gum

Jangan makan atau minum selama 15 menit sebelum penggunaan, atau saat mengunyah gum (beberapa minuman dapat mengurangi keefektifannya)

Kunyah gum secara perlahan-lahan dan hentikan setelah 30 menit untuk melepaskan nikotin.

Kunyah sejumlah gum untuk mengurangi gejala kecanduan (10-15 buah per hari)

Gunakan gum setiap hari sekitar ± 1 bulan, kemudian mulai kurangi jumlah gum yang digunakan setiap hari, kunyah hanya jika diperlukan untuk menghindari gejala kecanduan.

Hentikan penggunaan gum setelah 3 bulan

Jika gum menempel pada gigi, hentikan penggunaannya dan periksakan ke dokter gigi. Gigi palsu atau kerja gigi dapat rusak karena nikotin gum lengket dan sulit dikunyah daripada permen karet biasa.

3. Nikotin Lozenge

· Bentuk Lozenge nikotin seperti permen dan melepaskan nikotin ketika sediaan ini larut secara perlahan dalam mulut. Menggigit atau mengunyah lozenge akan menyebabkan nikotin lebih mengembang dengan cepat dan menghasilkan indigesti atau heartburn.

· Lozenges nikotin tersedia dalam dosis 2 mg atau 4 mg. Satu lozenge satu dosis; Maksimum dosis tidak boleh melebihi 20 lozenges per hari.

· Setiap lozenge akan habis dalam 20-30 menit

· Tidak boleh makan atau minum 15 menit sebelum menggunakan lozenge atau ketika ada makanan atau minuman dalam mulut.

· Tidak boleh menggunakan lozenge nikotin lebih dari 12 minggu.

· Umumnya efek samping karena penggunaan lozenge adalah rasa sakit pada gigi dan gusi, indigesti, iritasi tenggorokan.

Hanya Dengan Resep Dokter

Nikotin Nasal Spray

· Nikotin diserap secara cepat melewati membran nasal dan mencapai pembuluh darah lebih cepat daripada produk NRT lainnya.

· Umumnya efek samping yang ditimbulkan adalah iritasi pada hidung dan tenggorokan.

· Dosis tunggalnya adalah 2 spray (semprotan), satu tiap lubang hidung. Maksimum dosis yang direkomendasikan adalah 5 dosis per jam atau 40 dosis total perhari.

Nikotin Inhaler

· Nikotin inhaler terdiri dari silinder plastic meliputi suatu cartridge yang menghantarkan nikotin ketika nikotin inhaler ini dihisap (puff on). Penggunaan tidak boleh lebih dari 16 cartridge sehari untuk lebih dari 12 minggu.

· Dosis awal bersifat individual. Satu cartridge akan habis dalam 20 menit pada penggunaan puffing berkelanjutan dan menghantarkan 4 mg nikotin; hanya 2 mg yang sebenarnya diabsorpsi. Ini ekuivalen dengan 2 batang rokok. Maksimum dosis yang dianjurkan adalah 16 cartridge perhari.

· Efek samping termasuk iritasi tenggorokan dan mulut. Biasa akan diawali dengan batuk tetapi batuk ini harus disembuhkan, bila belum sembuh dapat menghubungi dokter.

Non-Nicotine Pill – Zyban:

· Efek samping yang ditimbulkan adalah insomnia, mulut kering, dan pusing.

· Terapi bupropion dimulai ketika perokok mulai merokok, 1 minggu sebelum hari terakhir. Terapi kemudian dilanjutkan selama 7 – 12 minggu. Lama terapi tergantung masing-masing individu.

· Dosis awal adalah 150mg/hari diberikan selama 3 hari, kebanyakan orang mengalami peningkatan dosis menjadi 300mg/hari yang dimulai pada hari keempat terapi. Dosis maksimum yang disarankan adalah 300mg/hari yang diberikan dua kali sehari sebanyak 150mg. Interval waktu pemberian adalah tiap 8 jam.

Chantix – tablet:

· Varenicline bekerja dengan 2 langkah yaitu berhenti merokok dan mengurangi gejala dengan mengaja perokok menyalakan rokok terus menerus.

· Tablet diberikan dua kali sehari selama 12 minggu, terapi dapat digandakan pada pasien yang berhasil berhenti merokok untuk mencegah kemungkinan mereka merokok kembali.

· Efek samping yang ditimbulkan adalah mual, sakit kepala, muntah, gas, insomnia, mimpi buruk dan perubahan pada persepsi rasa.

Berdasarkan banyak penelitian menyatakan bahwa semua orang bisa berhenti merokok. Situasi atau kondisi yang dapat memberikan alasan khusus untuk berhenti:

· Ibu hamil atau baru melahirkan. Untuk melindungi kesehatan bayi dan dirinya sendiri.

· Pasien di rumah sakit. Mengurangi masalah kesehatan dan membantu penyembuhan.

· Pasien serangan jantung. Untuk mengurangi faktor resiko serangan jantung kembali.

· Untuk pasien kanker paru-paru, kepala, dan leher. Untuk mengurangi timbulnya kembali penyakit kanker

· Orangtua dan remaja. Untuk menghindari anak-anak dan para remaja dari kebiasaan merokok.

Daftar Pustaka

Anonim, 2008, Berhenti Merokok, Harapan Hidup Tambah 5 Tahun, http://www.solusisehat.net/berita.php?id=365

Anonim, 2008, Nicotine replacement therapy (NRT), http://en.wikipedia.org/wiki/Nicotine_replacement_therapy

American Lung Association, 2008, Nicotine Replacement Therapy (NRT) and Other Medications Which Aid Smoking Cessation, USA http://www.lungusa.org/site/pp.asp?c=dvLUK9O0E&b=33566

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s