Kaktus Juga Bisa Bikin Halusinasi Lho…

Kaktus Juga Bisa Bikin Halusinasi Lho…

(NAPZA Agustus 2008)

Anggota Kelompok :

Melissa (068114093)

Esti Nugraheni (068114124)

Fidela Antonisca N. (068114131)

Helen Tanujaya (068114133)

Charoline Ayem N. (068114149)



Kaktus yang bisa bikin halusinasi yaitu Kaktus Peyote (Lophophora williamsi).

Mau tau lebih lengkapnya apa itu “Kaktus Peyot”??

Kaktus Peyot termasuk dalam regnum : Plantae, divisio : Magnoliophyta, class : Magnoliopsida, ordo : Caryophyllales, famili : Cactaceae, genus : Lophophora, spesies : L. williamsii

Tanaman kaktus ini lebih dikenal di seluruh dunia sebagai Peyote Kaktus atau Kaktus Peyot.

Kenapa ya kok disebut Kaktus Peyot??

Mungkin karena bentuknya yang tidak seperti kaktus biasanya. Peyote kaktus bentuknya bulat kecil, warnanya sedikit biru / hijau. Bijinya kecil dan hitam, dan memerlukan kondisi panas dan lembab untuk tumbuh. Ia memiliki tufts kecil dari wol merah muda dan bunga .Peyote tidak akan berbunga sebelum tingginya mencapai 3 cm. Bunganya akan mekar sekitar bulan Maret sampe Mei. Di alam bunganya hanya akan “blossom” setelah 10 tahun, dan kaktus ini tidak tumbuh lebih besar dari 6 sampai 7 inci. Kaktus ini tumbuh di daratan Meksiko dan barat daya Amerika Serikat. Habitatnya adalah terutama di gurun semak belukar, terutama dalam semak duri Tamaulipas, atau di dekat bukit kapur. terutama ditemukan di ketinggian 100 m ke 1500 dan hingga 1.900 meter di gurun Chihuahuan.

Bagi Suku India Amerika (Meksiko), tanaman ini dianggap sakral, dan digunakan untuk keperluan religius dan budaya setempat selama ribuan tahun. Tanaman ini digunakan untuk “obat” psikoaktif. Suku Tarahuma di Meksiko utara malah menggunakan peyote ini untuk meningkatkan kemampuan berlari hingga 72 jam .

Penggunaan peyote ini bisa dalam bentuk segar (langsung dimakan/dikunyah) atau dikeringkan dulu (“bubuk” bisa dipake untuk campuran teh atau dibuat jadi kapsul). Saat pendatang Eropa datang ke benua Amerika dan menemukan penggunaan kaktus ini, mereka menganggap penggunaan kaktus ini adalah sebuah “elemen dari setan” alias berbahaya dan dilarang, sehingga orang-orang Indian berusaha menyembunyikan penggunaan kaktus ini dalam upacara keagamaan biar bisa tetap digunakan. Hal ini juga dilakukan oleh penduduk pribumi di Kolombia yang menggunakan campuran peyote dalam upacara keagamaan dan tradisi ini terus berlanjut pada upacara keagamaan pada masa sekarang. Tapi bagi kaum Native American Church penggunaan peyote ini masih diiijinkan dan dianggap sah untuk keperluan upacara keagamaan.

Itu tadi sejarahnya, mau tau ga kandungan apa yang bisa bikin halusinasi?

Di dalam Kaktus peyote ini terkandung bahan kimia yang dikenali sebagai meskalin. Kandungan meskalin dalam kaktus peyote kering sekitar 3-6%, sedang dalam kaktus peyote yang masih basah/segar hanya sekitar 0,4%.

Mescaline (3,4,5-kimia Trimethoxyphenyl-2-ethylamine) adalah hallucinogenic alkaloid dengan struktur Phenethylamine. Mescaline, larut dalam air dan alkohol, diperoleh melalui proses ekstraksi, juga dapat diproduksi sintetisnya. Meskalin pertama kalinya ditemukan oleh Athur Heffter taon 1896; dan berhasil disintesis dan ditemukan strukturnya pada taon 1919 oleh Ernst Spath.

Efek Penggunaannya akan mengalami halusinasi pendengaran dan penglihatan pada perilaku tertentu tampak seperti keracunan obat, juga menimbulkan sesak napas. schizophrenia dan psikosis lainnya bahkan sampai menimbulkan “hasrat” ingin bunuh diri.

Peyote ini termasuk salah satu dari tiga spesies kaktus yang mengandung meskalin selain San Pedro, dan, the Peruvian Torch cactus. Tapi dari ketiga ini yang dianggap terlarang cuma yang peyote ini, kalo yang San Pedro dan the Peruvian Torch cactus masih boleh dipunyai asal dengan tujuan untuk bidang hortikultural (ada izin khusus).

Makanya peyote ini sekarang dimasukkan dalam golongan obat terlarang. Malah menurut UU No. 5 tahun 1997, meskalin tergolong Psikotropika Golongan I. Efek dari meskalin terjadi setelah sekitar 1 hingga 2 jam dan berlangsung sekitar 6 sampai 12 jam. LD 50 pada tikus adalah sekitar 880 mg per kilogram.

Dosis meskalin mulai efektif pada 2 milligram per kg berat badan. Pada dosis 3 milligrams per kg berat badan timbul efek hiperaktif dan gejolak batin serta diikuti sedikit perubahan persepsi penglihatan khususnya warna, efek halusinasi mungkin saja terjadi. Pada dosis 4 milligrams per kg berat badan timbul efek hiperaktif dan gejolak batin diikuti peningkatan yang signifikan terhadap perubahan persepsi penglihatan khususnya warna efek halusinasi mimpi dan gambar-gambar. Sedang pada dosis 5 milligrams per kilogram terjadi perubahan persepsi yang sangat, intens warna terang dipahami. Persepsi dengan semua indera sangat ketat. Halusinasi dengan perasaan euforia juga terjadi.

Daftar Pustaka

www.lumrix.net/health/Peyote.html

www.sladsmktt.tripod.com/halusinogen.htm

www.kaktus.cc

www.kemanusiaan.wordpress.com

www.ganja.co.uk

www.kompas.com/ver1/Kesehatan

www.wikimedia.org

www.faktanarkoba.blogspot.com

www.suchtmittel.de/info/meskalin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s