Sediaan Time Delays Kaptopril dan Propanolol HCl

Sediaan Time Delays Kaptopril dan Propanolol HCl

( MARET 2009 )

Oleh:

Esti Nugraheni (068114124) dan Fidela Antonisca Nitasari (068114131)

Pendahuluan

Kaptoril dan Propanolol HCl merupakan contoh dari sekian banyak obat hipertensi yang beredar di pasaran. Sediaan time delays (lepas lambat) ini akan membuat bioavailibilitas kaptopril dan propanolol HCl lebih baik. Dalam arti ketersediaan hayati atau kadar obat dalam plasma lebih baik daripada penggunaan obat konvensional dan juga meningkatkan kepatuhan pasien dalam penggunaan karena mempengaruhi regimen dosis.

Kaptopril adalah senyawa aktif yang berfungsi sebagai inhibitor angiotensin converting enzyme (ACE) yang banyak digunakan untuk pengobatan gagal jantung dan hipertensi karena efektif dan toksisitasnya rendah. Sedangkan Propanolol HCl merupakan senyawa pemblok reseptor beta non-selektif dalam pengobatan hipertensi.

Dosis:

Kaptopril (oral)

Dewasa: dosis awal:12,5-25 mg 2-3 kali sehari, ditingkatkan tiap 12,5-25 mg pada minggu 1-2 hingga 50 mg 3 kali sehari, dosis maksimum 150 mg 3 kali sehari.

Propanolol (oral)

Untuk hipertensi, dosis awal 80 mg 2 kali sehari, tingkatan pada interval mingguan bila perlu, dosis pemeliharaan 160-320mg sehari. Hipertensi portal, dosis awal 40 mg 2 kali sehari, tingkatkan sampai 80 mg 2 kali sehari sesuai dengan frekuensi jantung, maksimal 160 mg 2 kali sehari.

Hipertensi ??

Penyakit darah tinggi (Hipertensi) adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angka systolic (bagian atas) dan angka bawah (diastolic) pada pemeriksaan tensi darah. Hipertensi dikategorikan sebagai the silent disease karena penderita tidak mengetahui dirinya mengidap hipertensi sebelum memeriksakan tekanan darahnya. Nilai normal tekanan darah seseorang adalah 120/80 mmHG. Seseorang dikatakan hipertensi jika tekanan darahnya lebih dari 140/90 mmHG (batasan tersebut diperuntukkan bagi individu dewasa di atas 18 tahun).

Mengapa kaptopril dan propanolol HCl dibuat lepas lambat??

Obat-obat untuk hipertensi harus mempunyai bioavalibilitas yang baik di dalam tubuh agar tekanan darah tetap berada dalam range normal. Untuk itu kadar obat hipertensi di dalam plasma harus berada dalam jendela terapetik. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibuatlah sediaan lepas lambat dari kaptopril dan propanolol.

Obat peroral dibuat sediaan lepas lambat di lambung cocok bila untuk aksi lokal di lambung, absorbsi baik dilambung, tidak stabil dan terdegradasi didalam saluran intestinal/ kolon, kelarutannya rendah pada pH tinggi, dapat diabsorbsi secara cepat dilambung, dan memiliki rentang absorbsi yang sempit.

Kaptopril sendiri memiliki sifat seperti diatas dan waktu paruhnya singkat sehingga cocok untuk dibuat sediaan tablet lepas lambat. Pengembangan tablet kaptopril lepas lambat akan memberikan beberapa keuntungan kepada pasien yang perlu mengkonsumsi obat ini secara berkesinambungan dalam waktu yang cukup lama. Beberapa keuntungan tersebut antara lain pengurangan frekuensi pemberian obat dan mengurangi fluktuasi konsentrasi obat dalam darah sehingga menurunkan resiko efek samping. Kaptopril stabil pada kondisi suhu dan kelembaban normal, namun dalam larutan gugus tiolnya akan teroksidasi menjadi kaptopril disulfida. Karena sifatnya yang mudah larut dalam air dan mudah teroksidasi pada pH usus, perlu diperhatikan strategi pengembangan tablet kaptopril lepas lambat yang cukup kuat menahan pelepasan obat dan dapat bertahan dalam lambung dalam waktu yang cukup lama. Kaptopril diabsorbsi di lambung dan bagian proksimal usus halus secara pasif dan sebagian lagi diabsorpsi dengan bantuan peptida, sementara lebih dari 40 % dieliminasi dalam bentuk kaptopril utuh melalui urine.

Sedangkan Propanolol HCl mempunyai waktu paruh eliminasi pendek sekitar 3 jam. Dengan waktu eliminasi yang pendek memungkinkan propanolol HCl dibuat sediaan lepas lambat. Untuk mengurangi frekuensi pemberian, meningkatkan kenyamanan pasien dan menjaga konsentrasi obat dalam darah tetap dalam jendela terapeutik, dapat dilakukan dengan memberikan sediaan lepas lambat dan terkontrol yang bekerja dengan mengontrol pelepasan obat.

Bagaimana profil disolusi Propanolol HCl dan Kaptopril dalam time delays??

Profil disolusi Kaptopril



Sumber: Asyarie, S. (ITB)

Keterangan:

F1, F2, F3, F4, dan F5 merupakan formula Time Delays. Formula 5 merupakan formula Time Delays yang paling baik karena memberikan profil pelepasan obat yang paling baik dengan komposisi formula Natrium .alagrinat 40% dan Gom xanthan 30%.

Profil disolusi Propanolol HCl


Sumber: Saifullah (UGM)

Keterangan: Grafik diatas merupakan grafik lepas lambat beberapa optimasi formula Propanolol HCl dengan menggunakan matriks methocel K15M dengan system floating. Diketahui bahwa formula yang paling baik adalah formula 4 karena mendekati kecepatan disolusi yang diinginkan dalam percobaan.

Kesimpulan

Dengan dibuatnya Kaptopril dan Propanolol HCl dalam bentuk sediaan lepas lambat maka akan mempengaruhi regimen dosis terutama pada how often. Obat dalam bentuk lepas lambat akan dilepaskan secara bertahap sehingga frekuensi penggunaan obat pada pasien dapat berkurang. Hal ini akan meningkatkan kepatuhan pasien.

Daftar Pustaka

Anonim, 2008, Hipertensi, http://www.conectique.com/tips_solution/health/disease/article.php?article_id=4883

Anonim, 2009, Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi), http://www.infopenyakit.com/2008/01/penyakit-darah-tinggi-hipertensi.html

Saifullah, dkk, 2007, Profil pelepasan propanolol HCl dari tablet lepas lambat dengan sistem floating menggunakan matriks methocel K15M, diakses dari http://mfi.farmasi.ugm.ac.id/files/news/8._18-1-2007-TN_Saifullah.pdf

Asyarie, dkk, 2007, Formula tablet kaptopril lepas lambat dengan matriks pautan silang alginate, diakses dari http://mfi.farmasi.ugm.ac.id/files/news/6._18-1-2007-sukmadjaja.pdf

Anonim, 2000, Informatorium Obat Nasional Indonesia, Departemen Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan

Lacy, C.F,et.al., 2006, Drug Informatorium Handbook, 14th Edition, Lexi-Comp, American Pharmacists Association

One response to “Sediaan Time Delays Kaptopril dan Propanolol HCl

  1. Zainudin Harahap

    Dengan hormat,

    Semoga Tuhan senantiasa menganugrahi keberkatan dan kesuksesan dalam setiap aktivitas Bapak/ i.
    Sebelumnya saya perkenalkan diri saya,
    Nama : Zainuddin Harahap
    Pekerjaan : Karyawan swasta
    Nama Istri : Gabena Indrayani Dalimunthe, S.Si, Apt.
    Pekerjaan : Dosen/ ka. Jurusan FMIPA-Farmasi Univ.
    Muslim Nusantara-AW Medan)
    Alamat : Jl. Garu II A. Gang Kenari, No. 63 E. Medan.
    20217.
    Tlp/ HP : 081375614043, 081376094761

    Melalui pesan singkat saya ini, saya memohon kepada Bapak/i informasi dimana saya bisa mendapatkan Bahan baku Propanolol HCL seperti yang tersebut dalam tulisan diatas, sebab istri saya (Gabena Indrayani D, S.Si, Apt) sedang mencari dimana yang ada bahan baku obat tersebut yang akan dipergunakannya untuk penelitian, jumlah yang dibutuhkannnya sebanyak 200 mg.
    Mohon kepada bapak/i untuk menginformasikannya kepada kami.
    Atas perhatian dan bantuan informasinya saya haturkan terima kasih yang sedalam-dalamnya.

    Wassalam

    Zainudin Harahap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s