Mau Enak Minum Obat Pake’ Jus Buah???

Siapa tuh yang bilang minum obat enak?? Rasa pahit obat yang menimbulkan sensasi ga’ enak membuat Ina ga’ mau minum obat pake’ air putih, katanya sih rasa pahit diobatnya lama ilangnya, makanya Si Ina suka minum obat pake’ jus jeruk buat ngilangin sensasi pahit dari obat itu. Padahal…temen-temen tau ga kalo minum obat tuw ga baik pake jus lho..! kira-kira kenapa ya??Yuk.. kita cari tau bareng….. 
Menurut riset pada tahun 2008 yang dilakukan oleh David Balley dan para ahli farmasi di Kanada menyatakan bahwa jus jeruk merah, jus jeruk dan apel terbukti dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap obat-obatan tertentu sehingga dapat mengurangi efektivitas terapi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, jus buah dapat mengurangi efektivitas obat-obat yang digunakan untuk penyakit jantung, kanker, transplantasi organ dan secara potensial dapat menghilangkan efek khasiatnya. Kok bisa ya teman??
Ternyata dari riset ini diketahui bahwa zat yang terkandung dalam grapefruit (jeruk merah), orange (jeruk) dan apel dapat menurunkan absorpsi oral pada obat-obat tertentu selama proses transportasi penyerapan dalam jaringan pencernaan. Penelitian ini diujikan dengan melibatkan relawan untuk meminum fexofenadine, merupakan obat sejenis antihistamin yang digunakan untuk mengatasi alergi. Kemudian relawan menelan obat ini dengan pilihan meminum segelas jus grapefruit (kelompok 1) dan dengan air putih biasa (kelompok 2). Hasilnya menunjukkan, relawan yang minum obat fexofenadine dengan jus grapefruit ternyata hanya menyerap setengah dari kadar fexofenadine dibanding mereka yang meminumnya dengan air putih.
Ternyata menurut peneliti, jus grapefruit mengandung bahan utama naringin, yang memberi rasa kecut serta aroma khas. Naringin inilah yang diduga memblok “transporter” obat yang dinamakan OATP1A2 yang mengangkut bahan aktif obat dari usus kecil ke pembuluh darah. Padahal temen-temen transporter kan agen yang membantu proses penyerapan, bayangin aja kalo transporternya diblok. Yang jelas proses penyerapannya akan terganggu toh sehingga akan mengurangi absorpsi obat dan menetralisasi potensi manfaatnya. Namun, di lain sisi ternyata adapula obat-obat yang kadarnya malah meningkat dengan kehadiran jus grapefruit. Hal ini terjadi karena terjadi pemblokan senyawa yang berbeda yaitu memblok sejenis enzim penting dalam metabolisme obat bernama CYP3A4, yang secara normal berfungsi memecah obat. Sehingga dengan adanya pemecahan obat (proses disentegrasi) maka ukuran partikel obat ini semakin kecil maka secara langsung akan mudah dan cepat diabsorpsi, bila proses pemecahan ini tidak dikontrol (over ) maka partikel yang terbentuk akan semakin banyak sehingga memungkinkan kadar obatnya meningkat.
Dari sini temen-temen mesti waspada tuw… kalau meminum obat dengan jus buah, mungkin bila memang ga’ kepepet banget, ya minumnya tetap pake’ air putih aja teman, yang jelas-jelas aman dan umum emang air putih digunakan untuk minum obat, bisa dibilang buat menghindari efek samping atau efek keracunan obat gitu. Soalnya dari penelitian sejauh ini, di antara obat-obat yang terpengaruh konsumsi grapefruit, jeruk dan jus apel adalah: etoposide, sejenis obat antikanker, ada juga obat jenis beta blocker misalnya atenolol, celiprolol, talinolol yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan mencegah serangan jantung dan beberapa jenis antibiotik seperti ciprofloxacin, levofloxacin dan itraconazole perlu diperhatikan tuw…
Pada akhirnya, untuk mencegah terjadinya efek yang merugikan bagi pasien alangkah baiknya jika pasien seharusnya berkonsultasi dengan dokter maupun apoteker mengenai kemungkinan adanya pengaruh minuman jus dalam konsumsi obat. Namun tidak hanya itu, pasien pun sebaiknya disiplin untuk menggunakan air putih ketika menelan obat mengingat efek yang dapat ditimbulkan bila tidak diminum dengan air, misalnya diminum dengan jus akan mendatangkan bahaya tidak hanya buat pasien namun juga tenaga medis terkait, misalnya dokter maupun apoteker.
Oleh karena itu buat temen-temen terus semangad ya buat mencoba meminum obat dengan air putih, walaupun sulit…. 

Oleh :

Aryanti Prima Andini – (078114080)
Paulina Kartika Chandra S – (078114090)
Elisa Eka Adrianto – (078114091)
Kadek Risna Dwijayanti – (078114092)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s