–Berapa seh Vitamin C yang kita butuhkan ?????–

Akhir-akhir ini peredaran vitamin di pasaran semakin meningkat, bukan hanya di apotek, dan sekarang terdapat di supermarket bahkan di warung-warung kecilpun menjual vitamin. Iklan-iklan mengenai vitamin baik di media cetak maupun elektronik, serta perusahaan-perusahaan multilevel yang menawarkan vitamin juga semakin banyak. Peningkatan peredaran vitamin di pasaran tidak lepas dari meningkatnya tingkat konsumsi dari masyarakat kita. Kesadaran untuk menjaga kesehatan dan pola hidup sehat yang mendorong untuk mengkonsumsi vitamin. Tetapi tidak kita sadari bahwa penggunaan vitamin harus dibatasi atau kita perlu magetahui waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya. Masyarakat kita sering tidak mengetahiu efek samping dari penggunaan vitamin jangka panjang atau penggunaan vitamin yang tidak terkontrol
Dari sebuah penelitian yang dilakukan, dari berbagai jenis vitamin yang ada, masyarakat paling banyak mengkonsumsi vitamin C, baik dalam bentuk tunggal maupun kombinasi multivitamin.
Vitamin C merupakan vitamin yang larut air. Vitamin ini dieksresikan dari dalam tubuh melalui ginjal dan tidak disimpan dalam tubuh dalam jumlah besar, sehingga terdapat kemungkinan untuk defisiensi vitamin ini. Dalam sehari vitamin C yang diperlukan tubuh kira- kira 100 mg.


Berapa Dosis vitamin C yang ideal ????? (How Much)


Dosis konsumsi vitamin C yang ideal adalah 75-100 miligram per hari. Untuk wanita hamil dan ibu menyusui dianjurkan mengonsumsi vitamin C lebih besar dari jumlah tadi. Ada juga yang berpendapat cukup mengonsumsi 200 miligram sehari. Untuk anak usia 5 tahun sebesar 45 miligram per hari. Untuk orang yang hidup dengan stres atau mereka yang tinggal di kota besar yang penuh polusi, seperti Jakarta, dosis 500 miligram adalah dosis yang cukup baik, dalam hal ini vitamin C bertindak sebagai antioksidan untuk mengatasi radikal bebas. Dari beberapa penelitian diperoleh t ½ dari vitamin C yaitu 10 jam, dengan diketahui waktu paruhnya penggunaan vitamin C dapat kita kontrol baik dari segi frekuensi maupun lama pemberian.
Teman-teman pasti sudah pernah menonton atau melihat iklan salah satu produk vitamin C, yang mengatakan bahwa tubuh kita memerlukan 1000 miligram vitamin C agar tidak sakit. Sebenarnya 1000 miligram dari vitamin itu mubazir karena tidak sampai 1000 miligram vitamin C yang diperlukan tubuh, kelebihan vitamin C ini akan dibuang lewat urine kita. Betapa mubazir dan rugi kita??? Oleh karena itu sangat penting sekali kita mengetahui dosis vitamin C yang kita butuhkan sebab asupan vitamin C juga sudah kita dapat dari makanan atau buah-buahan bergizi.

Banyak sekali efek samping yang ditimbulkan jika mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah berlebih antara lain untuk balita jangan mengkonsumsi vitamin C lebih dari 400 miligram karena bisa menyebabkan diare sedangkan untuk orang dewasa tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 2000 miligram sehari karena dapat menyebabkan maag juga dapat menyebabkan gangguan kerja ginjal. Efek samping yang paling berbahaya dari konsumsi vitamin C yang berlebih dan tidak terkontrol adalh terjadinya batu ginjal. Untuk penderita maag juga hati-hati dalam konsumsi vitamin C karena vitamin C bersifat asam, oleh karena itu sebaiknya makan terlebih dahulu untuk menghindari rasa perih di daerah lambung.
Banyak manfaat yang dapat diambil bila mengkonsumsi vitamin C, tapi yang harus perlu diingat bahwa mengkonsumsi vitamin C bukan merupakan terapi utama tetapi merupakan terapi penunjang (tujuan terapinya yaitu mencegah). Harus berhati-hati mengkonsumsi vitamin C bila mempunyai riwayat penyakit maag dan batu ginjal karena dapat memperparah penyakit ini.

Pustaka :
Anonim, 2010, Clinical pharmacokinetics of antioxidants and their impact on systemic oxidative stress, http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12739983, diakses tgl 27 Maret 2010
Anonim, 2010, Vitamin C, http://health.detik.com/read/berapa-dosis-vitamin-c, diakses tgl 27 Maret 2010
Oleh :
Fetri Anastasia (078114101)-Ridho Prayogie (078114103) –

Maretta Putri (078114 104) –Paulus Febrianto Silor (078114130)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s