1 Atau 2 Gelas??Hmm..Okelah..Selebihnya??Upss..Hati-Hati!!

Valentinus Widyawan                  088114068

Angela Natalia MK                       088114070

Wilfrida Maria Du’a                     088114071

Ayesa Syenina                              088114093

Aldo Sahala                                  088114101

Laporan atau tugas menumpuk?? Deadlinenya besok lagi…Fiuhh…Begadang lagi nih..

Salah satu senjata ampuh untuk menemani “perjuangan” kita menyelesaikan tugas-tugas tersebut  adalah…KOPI!!

Kopi membuat mata kita terjaga semalaman bahkan bagi yang sudah terbiasa minum kopi, 1 atau 2  gelas kopi tidak cukup…Eitss…Namun minum kopi banyak-banyak bukan berarti bagus loh…

FAKTA: Menurut British Medical Journal and Lancet, 5 cangkir kopi per hari akan menaikkan risiko penyakit jantung sampai 50%.

Wew..Untuk lebih jelasnya mari kita lihat apa sih kandungan dalam kopi itu???

Pada minuman kopi yang biasa kita konsumsi terdapat yang namanya kafein.

Apa sih manfaatnya??

Kafein sendiri memiliki beberapa manfaat seperti berikut:

  • Membantu Saudara untuk bisa berpikir lebih cepat. Kafein yang terdapat pada kopi/teh terbukti mempercepat mobilitas “sinyal” pada otak sehingga otak merespon & mengolah memori lebih cepat.
  • Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah sebagai pesaing dari fungsi adenosin (salah satu senyawa yang pada sel otak dapat membuat orang cepat tertidur). Kafein memiliki kerja berlawanan dari kerja adenosin sendiri sehingga akibatnya tubuh tidak lagi mengantuk, muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi & hati akan melepas gula ke aliran darah sehingga membentuk energi ekstra.

Wah khasiatnya bagus juga ya, namun waspadalah!!

Yang harus diwaspadai adalah jumlah yang dikonsumsi. Karena segala sesuatu yang baik pun bila dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik. Kafein dapat menimbulkan efek ketergantungan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Di dalam tubuh, kafein dapat dikeluarkan dari otak dengan cepat dan pengeluaran kafein ini akan memberikan adanya toleransi terhadap kafein, dan terjadi sensitivitas reseptor adenosin terhadap adenosin itu sendiri. Hal inilah yang menunjukkan terjadinya kecanduan yang diakibatkan adanya toleransi terhadap kafein dan sensitivitas dari reseptor adenosin.

Berdasarkan detik.health.com, jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari. Kecanduan terhadap kafein diperkirakan jika mengkonsumsi lebih dari 600 mg kafein atau setara dengan 5-6 cangkir kopi perhari selama 8-15 hari berturut-turut.  Sedangkan dosis yang dapat berakibat fatal bagi manusia adalah sekitar 10 gram kafein atau 20-50 cangkir perhari.

Jadi, ga usah takut kalau liat judulnya asalkan kita bisa mengatur diri dalam mengkonsumsi kopi itu sendiri secara bijak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s