Cokelat “Happy Five”

Disusun oleh:

Dina (08-014)

Ika (08-047)

Paulina (08-064)

Efa (08-075)

Amelia (08-082)

A. Ario P. (08-085)

Dewasa ini, masyarakat diresahkan dengan beredarnya pil psikotropika mirip permen coklat berlabel “Happy Five”. Permen cokelat ini adalah produk dari Jepang, dengan merk dagang Erimin. Happy Five diketahui sudah beredar di banyak Negara Asia Tenggara seperti Singapura, Laos, Hongkong dan Indonesia.


Happy five merupakan sebutan popular dari pil yang berisi nimetazepam dan merupakan turunan dari benzodiazepine. Nimetazepam merupakan obat golongan hipnotik.

Jika digunakan secara oral, nimetazepam memiliki bioavailabilitas mendekati 100% dari jumlah yang diabsorbsi. Obat ini cepat diabsorbsi dan memberikan efek hipnotik setelah 15-30 menit ditelan. Nimetazepam dimetabolisme di hati dengan waktu paruh 14-30 jam dan diekskresi oleh ginjal. Dengan pertimbangan farmakokinetik tersebut maka nimetazepam termasuk dalam golongan psikotropika yang illegal.

Pil ini sering dipakai sebagai pengganti ekstasi dan opiat.
Psikotropika jenis ini menyebabkan penggunanya rilex, mengantuk, teler, dan selalu ingin tidur. Bahan ini berbahaya, apalagi bila dikonsumsi oleh anak-anak atau orang lanjut usia. Dengan bentuk sediaan cokelat tentu saja pil ini mampu beredar di kalangan anak-anak. Kasus ini terjadi di Jakarta, lima siswa TK SekarBangsa, PondokLabu, Jakarta Selatan, sempoyongan setelah memakan barang mirip permen coklat. Mereka menabrak-nabrak jendeladan tembok kelas. Setelah diteliti, barang yang mereka makanternyata Happy Five.Mereka pun dirawat di RS Fatmawati. Dari kejadian ini, maka sebaiknya perlu pengawasan terhadap anak karena peredaran narkoba tidak hanya mengincar orang dewasa dan remaja namun juga anak-anak. Pengedar semakin pintar menggunakan berbagai cara dan trik untuk menjual barang tersebut demi meraih keuntungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s