IBU HAMIL VS KAFEIN!!

Raissa Wanadri Putri Ruga (078114014)

Sartika Indriyani Salouw (078114016)

Pascalia Riska Prastika Hapsari (078114037)

Fajar Dwi Riyanto (088114043)

Eureka Gracia Letitia (088114044)

Apakah Anda pecandu kopi? Untuk para wanita yang hobi minum kopi, sebaiknya lebih waspada akan efek negatif dari kopi. Apalagi untuk wanita hamil, lupakanlah kopi. Sebaiknya gantilah kopi dengan minuman lain yang tidak mengandung kafein seperti jus buah atau susu ibu hamil. Para peneliti AS memastikan, mereka memiliki bukti kuat yang menunjukkan bahwa kafein berbahaya bagi kehamilan. Para ibu hamil yang mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak setiap harinya pada bulan-bulan awal kehamilan beresiko mengalami keguguran yang lebih tinggi. Agar benar-benar aman, para calon ibu harus menghindari minuman yang mengandung kafein dalam bentuk apapun selama 5 bulan awal kehamilannya, para peneliti ini mengungkapkan dalam laporan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal Obstretics and Gynecology. Penelitian-penelitian sebelumnya telah mengungkapkan, para ibu hamil yang mengonsumsi 3 cangkir kopi atau 300 mg kafein perhari menghadapi bertambahnya resiko keguguran dibandingkan para ibu hamil yang menghindari kafein. Para peneliti menemukan resiko keguguran bertambah seiring dengan semakin bertambahnya konsumsi kafein harian, baik dari kopi, teh, coklat hangat, minuman berkafein lain, ataupun gabungan dari kesemuanya.

Kafein merupakan jenis alkaloid yang secara alamiah terdapat dalam biji kopi, daun teh, daun mete, biji kola, biji coklat, dan beberapa minuman penyegar. Kafein memiliki berat molekul 194.19 dengan rumus kimia C8H10N8O2 dan pH 6.9 (larutan kafein 1% dalam air). Secara ilmiah, efek langsung dari kafein terhadap kesehatan sebetulnya tidak ada, tetapi yang ada adalah efek tak langsungnya seperti menstimulasi pernafasan dan jantung, serta memberikan efek samping berupa rasa gelisah (neuroses), tidak dapat tidur (insomnia), dan denyut jantung tak berarturan (tachycardia). Dari beberapa literatur, diketahui bahwa kopi dan teh banyak mengandung kafein dibandingkan jenis tanaman lain, karena tanaman kopi dan teh menghasilkan biji kopi dan daun teh dengan sangat cepat, sementara penghancurannya sangat lambat.

Konsumsi kafein selama hamil juga bisa menyebabkan bayi lahir abnormal. Untuk mendapatkan manfaat positif dari kopi, para ahli menyarankan konsumsi kopi organik serta kopi Arabica dari Jawa. Setiap 8 ons kopi Arabica diketahui mengandung kadar protein yang lebih tinggi dibanding kopi biasa serta memiliki kadar kafein yang lebih rendah. Kopi organik ini juga mengandung zat antioksidan 40 persen lebih tinggi dibanding kopi jenis lain.

Berdasarkan penelitian Heri Budi Santoso (2006) dengan judul “Pengaruh Kafein Terhadap Penampilan Reproduksi Dan Perkembangan Skeleton Fetus Mencit (Mus musculus L.)” dikatakan bahwa :

  1. Kafein yang diberikan secara oral pada induk mencit bunting selama masa organogenesis dengan dosis 120 mg/kg bb/hari dapat menyebabkan kelainan pada penampilan reproduksi berupa kematian dan resorpsi fetus, perdarahan bawah kulit, tungkai belakang torsi, dan ekor bengkok.
  2. Kafein yang diberikan secara oral pada induk mencit bunting selama masa organogenesis dengan dosis 120 mg/kg bb/hari dapat mempengaruhi pertumbuhan skeleton fetus, yaitu hambatan penulangan pada sternum, metacarpus, dan metatarsus serta menyebabkan terbentuknya kelainan berupa “jembatan kosta”.

DAFTAR PUSTAKA

Anonim, 2009, Kafein antara Bahaya dan Manfaat, http://kesehatan.kom pas.com/read/2009/09/16/16012574/kafein.antara.bahaya.dan.manfaat#, diakses pada tanggal: 31 Agustus 2010.

Anonim, 2009, Kafein Senyawa Bermanfaat atau Beracunkah, http://www.chem-is-try.org/artikel_kimia/kafein_senyawa_bermanfaat_atau_beracunkah/, diakses pada tanggal: 31 Agustus 2010.

Anonim, 2008, Bahaya Kafein Bagu Ibu Hamil, http://www.tutukma.com/kesehatan-ibu-hamil/ba haya-kafein-bagi-ibu-hamil.htm, diakses pada tanggal: 31 Agustus 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s