Metamfetamin Mengancam Cerebrovaskular

Disusun oleh :

Agatha Novita I.H. (078114040)

Anindita Reningtyas (088114016)

Adityawarman (088114041)

Pratiwi Setyaningsih (088114065)

Lusiana Dwi Aryanti (088114098)

Metamfetamin, yang dikenal juga dengan nama shabu-shabu adalah psikotropika yang sangat berbahaya karena potensi menimbulkan ketergantungannya kuat. Psikotropika ini berbentuk kristal bening seperti butiran gula, tetapi ukurannya sedikit lebih besar sehingga ada yang menyebutnya crystal meth. Metamfetamin pada awalnya digunakan sebagai stimulan. Pada saat Perang Dunia oleh tentara Jerman, Tentara Merah Rusia dan kamikaze Jepang digunakan untuk menambah keberanian dan semangat perang.

Metamfetamin juga dapat digunakan sebagai obat pelangsing tubuh karena zat ini memiliki efek anoreksia, yang bekerja dengan cara mempengaruhi hipotalamus sehingga mengurangi ketertarikan terhadap bau dan rasa. Hal ini menyebabkan tidak timbul rasa lapar pada seseorang. Banyak wanita menggunakan zat ini untuk memperoleh bentuk tubuh langsing yang diidam-idamkan karena tidak perlu pusing-pusing melakukan program diet ketat yang Kadang terasa menyiksa. Namun, ternyata tidak semua hal mudah dan cepat itu bagus, penggunaan metamfetamin dalam jangka panjang dan penyalahgunaan zat ini dapat memberikan resiko buruk pada tubuh. Berikut adalah salah satu contoh kasus  akibat penggunaan metamfetamin dalam jangka waktu yang lama :

Dua orang wanita berusia 29 dan 36 tahun menggunakan metamfetamin untuk melangsingkan tubuh. Setelah penggunaan beberapa bulan, kedua wanita tersebut mengeluh sulit berbicara dan merasa lemas. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, diketahui bahwa kedua wanita tersebut  mengalami kerusakan pada pembuluh darah pusat di leher sampai otak dan terindikasi stroke yang parah. Selain pemeriksaan tersebut, selain penggunaan metamfetamin tidak ditemukan faktor resiko stroke lainnya pada kedua wanita tersebut. Gejala awalnya termasuk kenaikan tekanan darah dan takikardia. Berdasarkan skala yang digunakan untuk mengukur tingkat keparahan stroke, National Institutes of Health Stroke Scale, perempuan yang berusia 36 tahun diberi skor 21. Dia membutuhkan pengobatan dengan obat pemecah sumbatan yang dikenal sebagai aktivator selaput plasminogen. Perempuan yang berusia 29 tahun membutuhkan stent (sebuah selang yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah) untuk mengobati sumbatan dan menerima skor 17. Skor stroke di atas 16 menandakan kemungkinan tinggi terjadinya kematian atau cacat yang parah.

Selama ini, kita hanya mengetahui akibat dari penggunaan dan penyalahgunaan metamfetamin hanyalah mengubah aktivitas mental dan perilaku seseorang. Namun, ternyata dampak salah satu psikotropika ini bagi kesehatan sangat berbahaya, yaitu dapat menyebabkan stroke (neurological deficit of cerebrovaskular). Stroke ini disebabkan karena pecahnya pembuluh arteri karotid di leher. Pecahnya pembuluh ini karena efek samping dari metamfetamin sendiri, yaitu takikardia. Orang yang sering mengalami takikardia akan cenderung mengalami kenaikan tekanan darah (hipertensi) yang dapat memicu pecahnya pembuluh darah.

Nah, sekarang kita semakin mengetahui resiko penggunaan metamfetamin. Jadi, mari kita galakkan gerakan SAY NO TO DRUG mulai dari lingkungan sekitar kita untuk menghindari penggunaan yang tidak wajar dan penyalahgunaan NAPZA, terutama metamfetamin.

Sumber:

Mc Intosh, A., et al., 2006, Carotid artery dissection and middle cerebral artery stroke following methamphetamine use, Neurology, 67: 2259-2260

Kelly, W. J., 2001, AHFS Drug Hanbook, 2nd ed., Lippincott Wiliam and Wilkins, Philadelphia, 790-792

File : Methamphetamine pills.jpg, http://en.wikipedia.org/wiki/File:Methamphetamine_pills.jpg pada tanggal akses 5 September 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s