Alkohol “AIR API” yang dapat menyebabkan KECANDUAN

Disusun Oleh :

Agnes Susianti (088114003)

Bravo Fransiskus M. (088114008)

Florentina Sunaryo (088114023)

Elya Findawati (088114053)

Laurensius Widi Andikha P. (088114055)

APA ITU KECANDUAN ????

Kecanduan adalah kata yang cukup popular di telinga kita. Kecanduan adalah kejangkitan suatu kegemaran hingga lupa hal-hal yang lain. Seseorang yang sudah tidak bisa melepaskan rasa inginnya terhadap alkohol jika sedang suntuk dapat dikatakan sudah kecanduan. Dan biasanya akan terus meningkat,hingga benar-benar sudah tidak dapat dipisahkan dari alkohol.

Berkenalan dengan alkohol

Secara kimia, alkohol adalah senyawa-senyawa dimana satu atau lebih atom hidrogen dalam sebuah alkana digantikan oleh sebuah gugus -OH. Alkohol dapat dibagi kedalam beberapa kelompok tergantung pada bagaimana posisi gugus -OH dalam rantai atom-atom karbonnya. Alkohol dapat dibagi kedalam beberapa kelompok tergantung pada bagaimana posisi gugus -OH dalam rantai atom-atom karbonnya.Terdiri dari :

  • Alkohol Primer
  • Alkohol sekunder
  • Alkohol tersier

Alkohol termasuk zat adiktif, artinya zat tersebut dapat menimbulkan adiksi yaitu ketagihan dan dependensi.Bagi mereka yang sudah ketagihan atau ketergantungan maka bila pemakaiannya dihentikan akan menimbulkan sindrom putus alkohol.

“Aksi Alkohol meracuni diri”

Tentunyalkohol memiliki mekanisme khusus sebagasi senyawa yang termasuk zat adiktif di kehidupan.Mekanisme terjadinya kecanduan alkohol pada seseorang terlihat pada gambar berikut :

Aksi alkohol

Aksi alkohol di dalam tubuh

Aksi alkohol yang dapat menyebar secara cepat melalui pembuluh darah hingga kemudian dibawa aliran darah ke jantung menyebabkan alkohol dapat menyebar ke seluruh tubuh.Alkohol yang diedarkan ke seluruh tubuh tersebut termasuk sampai ke otak, pusat kesadaran tubuh manusia.

Sampainya alkohol ke otak inilah yang membuat kecanduan. Sebagai reaksi atas masuknya alkohol, otak akan meningkatkan pelepasan dopamin, salah satu neurotransmiter otak, yang berperan dalam komunikasi antar sel saraf. Dopamin yang dilepas otak sebagai reaksi atas masuknya alkohol berefek menimbulkan perasaan nyaman dan memberi ketenangan. Pada saat tidak mengonsumsinya, kadar dopamin pada otak pengguna akan menurun sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman, gelisah, pusing, sedih dan stress. Itulah yang menimbulkan ketergantungan dan membuat pecandu sulit berhenti mengonsumsinya.

Dampak kritis penggunaan alkohol

Alkohol yang penggunaannya dalam jangka panjang dapat menimbulkan dapat menimbulkan berbagai dampak pada kesehatan, salah satunya peristiwa komplikasi medik. Komplikasi medik merupakan salah satu akibat yang menyebabkan gangguan pada bagian-bagian tubuh. Gangguan yang terjadi tidak hanya pada 1 bagian tubuh, namun bisa sekaligus berbarengan pada bagian tubuh lain, seperti pada :

  1. Susunan syaraf pusat : memperlambat fungsi otak yang mengontrol pernafasan dan denyut jantung sehingga dapat menimbulkan kematian.
  2. Sistem pernafasan : Memperlambat pernafasan dan denyut jantung, sehingga dapat menimbulkan kematian.
  3. Sistem pencernaan : Dapat menyebabkan luka dan radang lambung serta hati (pengerasan/serosis).
  4. Sistem jantung dan pembuluh darah : Dapat menyebabkan pembengkakan pada jantung dan dapat menyebabkan kegagalan fungsi jantung.
  5. Sistem reproduksi dan pengaruh pada bayi : Dapat menyebabkan cacat pada bayi       (premature); Dapat menyebabkan impotensi pada pria.
  6. Gangguan lain : emosional dari pecandu alkohol itu sendiri. Menjadikan seseorang mudah agresif dan emosi tinggi sehingga mudah terlibat perkelahian yang pada akhirnya menyebabkan luka-luka di tubuh.

Semua pasti ada solusi

Sekedar contoh beberapa pesan yang dapat diberikan kepada orang tua dalam rangka pendidikan pencegahan penyalahgunaan alkohol ini adalah antara lain :

  1. Akibat-akibat buruk penyalahgunaan alkohol terhadap kesehatan seseorang, fisik, mental dan sosial.
  2. Orang tua hendaknya menyempatkan/menyediakan waktu untuk berkomunikasi dengan anak-anaknya.
  3. Orang tua hendaknya tahu perkembangan kepribadian anaknya dan tahu siapa-siapa kelompok teman-temanya.
  4. Solusi lain adalah manakala anak sedang mengalami stres (kecemasan, kegelisahan, depresi dan lain-lain gangguan mental emosional), dengan “caring”, sharing”,  “listening” (empathic listening), dan “helping”

Hendaknya Upaya penanggulangan penyalahgunaan obat/narkotika hendaknya dilakukan secara terpadu dan komprehensif, dijalankan berkesinambungan antara upaya prevensi,terapi dan rehabilitasi.

“Minuman keras menghancurkan manusia karena dapat merusak pikiran, mental, kesehatan dan kemampuan bekerja serta menyebabkan keputusasaan, kemiskinan dan bunuh diri. Minuman keras dapat menghancurkan kehidupan keluarga karena merangsang perilaku berbahaya, seperti ketidakpedulian dan kekerasan”

Lebih baik minum air putih

SEMOGA BERGUNA

Refrensi :

http://pubs.niaaa.nih.gov/publications/arh21-1/toc21-1.htm

http://qwickstep.com/search/alcohol-long-term-effects.html

http://www.topnews.in/oz-scientists-looking-alcohol-virgins-binge-drinking-study-2145071

Dan berbagai sumber lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s