Hati-hati K E C U B I L E R ! [KEcubung BIkin teLER]

Oleh :

Helena Angelina Kurniawan          (088114010)

Alfonsus R. Heppy Dwiyoga          (088114056)

Margareth Henrika Sillow               (088114057)

Adi Wirasaputra                                  (088114059)

Anastasia Filipa Veritas da Silva    (088114060)

kecubung

kecubung

Tahukah kalian tentang tanaman kecubung (Datura metel)??? Atau mungkin pernah melihat tapi luping ~lupa-lupa ingat ? Hayooo. Kalau belum dan penasaran lihat saja gambar di atas. Menawan khan? Bentuk bunga kecubung khas banget, mirip dengan terompet yang bisa dijadikan tanaman hias. Diliat dari bunganya, kecubung dapat dibagi menjadi tiga jenis. Yang pertama kecubung dengan bunga putih atau lembayung. Kedua, berbunga kecil yang terdiri dari satu lapis dan berwarna antara merah dan ungu yang sering disebut “kecubung kasihan.” Jenis yang ketiga adalah jenis yang berbunga ganda dengan warna keunguan.

Gak cuman sebagai tanaman hias, kecubung bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat loh. Pada daunnya terkandung kalsium oksalat yang berkhasiat untuk mengobati banyak penyakit antara lain rematik, sembelit, asma, sakit pinggang, bengkak, encok, eksim, radang anak telinga, dan ketombe.

Meski menawan ternyata kecubung punya efek merugikan karena kandungan di dalamnya, yaitu hyosiamin dan skopolamin. Penyalahgunaan kecubung memang sering terjadi, sehingga bukan obat yang didapat malah racun yang bisa menyebabkan pusing atau teler. Hampir seluruh bagian tanaman kecubung dapat dimanfaatkan sebagai obat. Hal ini disebabkan seluruh bagiannya mengandung alkaoida atau disebut hiosamin (atropin) dan scopolamin, seperti pada tanaman Atropa belladona.

Kecubung termasuk dalam psikotropika golongan halusinogen karena dapat mengakibatkan perubahan pola perilaku terhadap penggunannya dan penyimpangan persepsi. Contohnya mendengar atau melihat sesuatu tanpa adanya rangsangan.

Scopolamine

skopolamin

Scopolamine juga dikenal sebagai levo-duboisine dan hyocine yang mana merupakan alkaloid tropene dengan efek sebagai antagonis muscarinic. Dimana merupakan produk metabolit sekunder dari tumbuhan keluarga Solanaceae , Angel’s Trumpets, dan Corkwood. Dan biasanya scopolamine digunakan sebagai komponen aktif utama dalam pengobatan bersamaan dengan atropine dan hyoscyamine

Scopolamine memiliki sifat anticholinergic (agen yang memblok jalannya impuls – impuls yang melalui saraf parasimpatis maupun memblok saraf parasimpatis) dan dapat dipergunakan pada bidang medis. Sebagai contoh adalah pengobatan pada kondisi emosi yang labil, penggunaan dosis hanya 330 µg per hari dimana akan dilepaskan secara perlahan lahan dari lapisan transdermal. Pada pengguna dapat mengalami panik, mengamuk, meracau, halusinasi, perilaku paranoid, dan mengkhayal apabila mengkonsumsi melebihi dosis tersebut.

Efek samping skopolamin antara lain reaksi alergi berat (ruam, gatal-gatal, gatal, sulit bernapas, sesak dada, pembengkakan mulut, wajah, bibir, atau lidah); kebingungan; kesulitan kencing; detak jantung cepat atau tidak teratur; halusinasi; suasana atau perubahan mental; kantuk parah ; mulut kering parah; kesulitan berbicara.

Hyosiamin

hyosiamine

Hyosiamin jika disalahgunakan dapat mengakibatkan efek samping yang merugikan yakni mampu menyebabkan penglihatan kabur, konstipasi, mual, pusing, kantuk berlebih, mulut kering, pupil membesar, rasa senang, sakit kepala, dan jantung berdetak kencang.

Jadi teman-teman, hidup ini bombastis dan hanya sekali, maka dari itu nikmati dan enjoying your life,  jangan menyalahgunakan dalam pemanfaatan kecubung. Kalo memang sebagai tanaman hias yaaa dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Kalo kecubung bisa sebagai tanaman obat, gunakan sesuai dosis yang ada, jangan sampai dosisnya berlebihan dan memanfatkan kecubung untuk hal-hal yang tidak masuk akal.

DEAL???

Daftar Pustaka

http://en.wikipedia.org/wiki/Scopolamine

http://www.drugs.com/mtm/scopolamine.html

http://nostalgia.tabloidnova.com/articles.asp?id=5163

http://www.jamitra.com/kecubung.htm

http://jamu-sehat.blogspot.com/

http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=14

http://www.drugs.com/mtm/l-hyoscyamine.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Hyoscyamine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s