Minuman Sejuta Umat Yang Diam-Diam Membahayakan..

by: Novisa (08-105), Ermenilda Sehrina (08-118), Liani (08-121), Carolie ivoni (08-128), Gita Thessa (08-133)
Apa yang kamu pikirkan tentang
minuman sejuta umat??

Jawabannya adalah TEH karena minuman ini adalah minuman yang disukai oleh semua orang, rasanya yang menyegarkan dan aroma harumnya, pandai memikat hati sebagian besar orang. Selain itu harga teh juga ekonomis dan teh diaanggap dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Faktanya : Kandungan teh secara umum adalah kafein, tanin, dan minyak esensial. Unsur kafein memberikan rasa segar dan mendorong kerja jantung manusia, tidak berbahaya jika dikonsumsi tidak melebihi 300mg/hari. Unsur tanin adalah sumber energi yang berasal dari sari teh tersebut. Sedangkan minyak esensial memberikan rasa dan bau harum yang merupakan faktor-faktor pokok dalam menentukan nilai dalam setiap cangkir teh yang dijual atau diperdagangkan. (Spillane, 1992).

Penggunaan teh hijau lebih dari 300 mg/hari (sekitar 5 cangkir teh hijau) dapat mengakibatkan efek samping, misalnya gelisah, insomnia atau sulit tidur, diare, mudah tersinggung, sakit kepala, dan hilangnya nafsu makan. Jika berinteraksi dengan obat sintetik, teh hijau dapat memperlambat penyerapan obat ke dalam tubuh. (kusuma, 2011).

So, konsumsi teh sih boleh aja..tapi konsumsilah sesuai kebutuhan, jangan berlebihan. Jangan konsumsi teh pada saat perut kosong, karena kafein akan merangsang produksi asam lambung yang dapat membuat perut sakit.

DAPUS
Kusuma, 2011, Menyiasati Dampak Kafein Dari Teh, http://www.wierakusuma.com/kesehatan/238-menyiasati-dampak-kafein-dari-teh, diakses pada tanggal 8 April 2011
Suryaningrum,2007, Peningkatan Kadar Tanin Dan Penurunan Kadar Klorin Sebagai Upaya Peningkatan Nilai Guna Teh Celup, Malang
Spillane, J., 1995, Komoditi Kakao, Peranan Dalam Perekonomian Indonesia, Kanisius .
Yogyakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s