MOGADON. . . . .”Penyelesai” masalah atau penambah masalah???

By :    Is Sumitro   (098114127)
Selvia          (098114128)
Victor Purnama Agung (098114129)
Febrin Nessy Triana (098114130)
Agnes Mutiara Kurniawan (098114131)

Pergaulan anak jaman sekarang memang demakin mengkhawatirkan. Dapat dilihat bahwa untuk masuk dalam suatu pergaulan maka harus mampu mengikuti trend yang sedang berkembang agar dapat diterima dan dibilang gaul. Bahayanya, banyak sekali pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kondisi ini untuk memperkaya diri sendiri sekaligus merusak mental anak muda dan remaja. Salah satunya lewat penggunaan pil koplo. Obat ini dianggap akan makin pas sebagai teman penghilang rasa stress dan permasalahan bagi kaum muda jika dikombinasikan dengan alkohol. Mogadon merupakan salah satu obat yang sering salah dalam penggunaannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, dapat dilihat uraian berikut.

TAHUKAH KAMU??

*MOGADON

 

 

 

 

 

 

Mogadon merupakan kelompok obat yang dikenal sebagai benzodiazepin, obat penenang yang memiliki efek menenangkan. Mogadon mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan memperpanjang durasi tidur. Tablet Mogadon digunakan untuk pengobatan jangka pendek dari insomnia ketika sudah parah. Tablet Mogadon membantu  untuk tidur. Tablet mogadon mengandung bahan aktif nitrazepam yang merupakan jenis obat yang disebut benzodiazepine. Nitrazepam juga tersedia tanpa merek, yaitu sebagai obat generic.

*NITRAZEPAM

gambar 2. Nitrazepam

Nama IUPAC : 1,3-dihydro-7-nitro-5-phenyl-1,4-benzodiazepin-2-one

Nama dagang : Alodorm, Arem, Insoma, Mogadon, Nitrados, Nitrazadon, Ormodon, Paxadorm, Remnos, and Somnite

Data farmakokinetik :

  • bioavailabilitas      : 53-94 %
  • metabolism            : hepatic
  • waktu paruh           : 16-38 jam
  • ekskresi                : ginjal

Data kimia :

ü  formula                  : C15H11N3O3

ü  Berat molekul        : 281.3 g/mol

HOW DOES IT WORK??

Nitrazepam bekerja dengan bertindak pada reseptor dalam otak yang disebut reseptor GABA. Hal ini menyebabkan pelepasan neurotransmitter yang disebut GABA di otak. Neurotransmiter adalah zat kimia yang tersimpan dalam sel-sel saraf di otak dan sistem saraf. Mereka terlibat dalam transmisi pesan antara sel-sel saraf. GABA adalah neurotransmitter yang bertindak sebagai ‘Agen saraf penenang’ alami. Ia membantu menjaga aktivitas saraf di otak dalam keseimbangan, dan terlibat dalam menginduksi rasa kantuk, mengurangi kecemasan dan relaksasi otot-otot.

Nitrazepam meningkatkan aktivitas GABA di otak, sehingga meningkatkan efek menenangkan dan hasil dalam kantuk, penurunan kecemasan dan relaksasi otot. Nitrazepam digunakan untuk pengobatan jangka pendek untuk mengobati insomnia parah. Ia mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan terbangun malam hari, serta meningkatkan jumlah total waktu yang dihabiskan tidur. Namun, hanya cocok untuk pengobatan insomnia jangka pendek karena memiliki potensi tinggi untuk ketergantungan dan kecanduan. Nitrazepam tetap aktif dalam tubuh selama beberapa jam, rasa kantuk juga dapat berlangsung sampai hari berikutnya.

BAGAIMANA IA DISALAHGUNAKAN??

Nitrazepam termasuk dalam psikotropika golong IV di mana efek ketergantungan yang ditimbulkan ringan. Tetapi lain halnya jika penggunaan obat ini dibarengi dengan mengkonsumsi minuman beralkohol. Kenapa demikian? Menurut penelitian, alkohol dapat meningkatkan efek sedatif-hipnotik dari nitrazepam karena efek penekanan sentral nitrazepam semakin diperkuat dengan adanya kombinasi dengan alkohol sehingga akan menimbulkan sensasi tenang, mengantuk yang lebih besar lagi. Obat ini umumnya hanya cocok untuk penggunaan jangka pendek. Jika digunakan untuk jangka panjang atau dalam dosis tinggi, toleransi dan ketergantungan pada obat dapat mengembangkan dan menimbulkan gejala seperti sakit kepala, nyeri otot, insomnia kembali, kecemasan, kegelisahan, kebingungan, berkeringat, lekas marah atau kejang. Sungguh merupakan akibat yang fatal !!

Banyak para pemakai dari kalangan menengah ke bawah memilih untuk menggunakan obat-obatan jenis ini karena dinilai lebih murah jika dibandingkan dengan putaw, heroin dan obat-obatan terlarang lainnya yang seringkali dijual dengan harga yang cukup mahal. Selain itu, obat-obat ini bisa didapatkan dengan mudah dan legal di apotik terdekat hanya dengan menyertakan resep dokter. Dan saat ini penyalahgunaan obat – obatan tersebut  sudah marak sekali. Jadi perlu kehati – hatian dari para petugas apotek

 
dapus

http://chembase.com/compound.php?cbid=4506&syslang=de

http://medicafarma.com/2009/02/interaksi-obat-ansietas.html

http://putracenter.net/2011/02/05/jenis-jenis-narkoba-dan-bahayanya/

http://xpil.medicines.org.uk/ViewPil.aspx?DocID=15892

http://www.chemicalbook.com/ChemicalProductProperty_DE_CB7139909.htm

http://www.netdoctor.co.uk/medicines/100001725.html

Schmitz, G. dkk., Farmakologi dan Toksikologi, 218, EGC, Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s