DIBALIK KEUNIKAN NYETHE

Di susun oleh

Fransiska Anggitha K. (098114013)

Yosin Guruh Herawati (098114024)

Lidya Dinda (098114025)

Putut Wibisono (098114132)

Lia Susanti (098114135)

Cethe dan Nyethe !

Pengertian dari cethe sendiri adalah endapan atau ampas kopi, dan nyethe adalah proses pengolesan endapan kopi  pada rokok. Hal ini merupakan kebiasaan yang tidak lazim. Mengapa dikatakan tidak lazim? Karena caranya tidak meminum kopi saja atau merokok saja, tetapi dengan merokok sambil mengoleskan ampas kopi yang masih sedikit basah pada batang rokok. Ampas kopi yang digunakan biasanya berupa produk kopi lokal yang sangat halus. Kopi diseduh seperti biasa pada suatu wadah, dan didiamkan agar mengendap kemudian kopi diminum sampai yang tersisa hanya endapan. Endapan tersebut diambil dan atau dicampur dengan susu cair agar lebih mudah ditempelkan pada batang rokok. Biasanya rokok yang dicethe membentuk motif. Motifnya pun macam-macam mulai sulur, tulisan, tribal bahkan tokoh pewayangan juga bisa di cethe di rokok. Sehingga nyethe bisa juga di sebut batik rokok.

Di sana terbentuk suatu komunitas pecinta kopi cethe..Parapecinta kopi tersebut menikmati kopi cethe tidak hanya dilakukan pada malam hari tetapi siang hari ataupun di sela jam istirahat kantor. Di daerah Tulungagung dapat dengan mudah menemukan tempat kopi cethe bahkan disanadisediakan tempat yang cukup luas menyerupai pasar terbuka untuk para penikmat kopi secara beramai-ramai.Parapenikmat kopi ini menganggap kopi cethe adalah kenikmatan tersendiri karena aroma rokoknya menjadi lebih sedap dan dapat sebagai wadah komunitas dan mengakrabkan antar pecinta kopi.

Kopi yang dipakai untuk cethe lebih halus, sehingga memungkinkan untuk digunakan nyethe dengan membentuk motif. Hasilnya pun sangatlah unik. Keunikan inilah yang membuat para pecinta kopi dan rokok semakin menggemari kebiasaannya tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan rokok dan kopi memiliki efek adiksai bagi yang sering mengkonsumsinya. Berikut ini adalah uraian mengenai rokok dan kopi :

APA SIH ROKOK ITU?

Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah.

 

KANDUNGAN ROKOK

Zat pada rokok yang paling berbahaya adalah tar, nikotin dan karbon monoksida.

  1. Nikotin
  • Pada paru, nikotin dapat menghambat aktivitas silia sehingga nikotin bersifat adiktif dan psikoaktif. Perokok akan merasakan kenikmatan, kecemasan berkurang, toleransi dan keterikatan fisik. Hal itulah yang menyebabkan mengapa sekali merokok susah untuk berhenti.
  • Menyebabkan perangsangan terhadap hormon kathekolamin (adrenalin) yang bersifat memacu jantung dan tekanan darah. Jantung tidak diberikan kesempatan istirahat dan tekanan darah akan semakin meninggi, berakibat timbulnya hipertensi.
  • Nikotin berperan dalam memulai terjadinya penyakit jaringan pendukung gigi karena nikotin dapat diserap oleh jaringan lunak rongga mulut termasuk gusi melalui aliran darah dan perlekatan gusi pada permukaan gigi dan akar.
  • Zat ini secara cepat akan meningkatkan denyut jantung segera setelah ia masuk ke dalam tubuh, maka terjadilah gangguan pada organ ini, antara lain aritmia atau gangguan irama jantung.
  • Sementara pada paru-paru, nikotin berpotensi besar menimbulkan gangguan bahkan kerusakan sel yang memicu terjadinya kanker paru.
  1. Tar
  • Bahaya nikotin dapat meningkatkan resiko serangan jantung.
  • Penyebab iritasi pada paru-paru sehingga menimbulkan batuk
  • Dapat membunuh sel dalam saluran udara dan paru-paru
  • Meningkatkan produksi lendir dan dahak di dalam paru-paru
  • Dapat menyebabkan KANKER PARU-PARU
  • Tar adalah kumpulan dari beribu-ribu bahan kimia dalam komponen padat asap rokok dan bersifat karsinogen. Pada saat rokok dihisap, tar masuk ke dalam rongga mulut sebagai uap padat. Setelah dingin akan menjadi padat dan membentuk endapan berwarna coklat pada permukaan gigi, saluran pernafasan dan paru-paru.
  • Memperbesar peluang terjadinya radang gusi, yaitu penyakit gusi yang paling sering tejadi yang disebabkan oleh plak bakteri dan faktor lain yang dapat menyebabkan bertumpuknya plak di sekitar gusi.
  1. Karbon Monoksida

Memiliki kecenderungan yang kuat untuk berikatan dengan hemoglobin dalam sel-sel darah merah. Seharusnya hemoglobin ini berikatan dengan oksigen yang sangat penting untuk pernasapan sel-sel tubuh, tapi karena gas CO lebih kuat daripada oksigen maka gas CO ini merebut tempatnya “di sisi” hemoglobin. Jadilah hemoglobin bergandengan dengan gas CO sehingga sel darah merah akan semakin kekurangan oksigen. Sel tubuh yang menderita kekurangan oksigen akan berusaha meningkatkan yaitu melalui kompensasi pembuluh darah dengan jalan menciut atau spasme. Bila proses spasme berlangsung lama dan terus menerus maka pembuluh darah akan mudah rusak dengan terjadinya proses aterosklerosis (penyempitan). Penyempitan pembuluh darah akan terjadi dimana-mana. Di otak, di jantung, di paru, di ginjal, di kaki, di saluran peranakan, di ari-ari pada wanita hamil.

BAHAYA MEROKOK

  • Bagi perokok aktif

Perokok aktif adalah orang yang merokok secara langsung menghisapnya rokok. Bahaya yang di timbulkan antara lain :

ü     Penyakit jantung dan stroke.

ü     Kanker

ü     Osteoporosis.

ü  Katarak.

ü  Kerontokan rambut.

ü  Dampak merokok pada kehamilan, berpengaruh pada janin yaitu mempunyai risiko yang lebih besar untuk menderita kejadian berat badan lahir rendah, bronchitis dan pneumonia, infeksi rongga telinga dan asthma.

ü  Impotensi.

  • Bagi perokok pasif

Perokok pasif adalah orang yang tidak secara langsung menghisap rokok, tetapi menghisap asap rokok yang dikeluarkan dari mulut orang yang sedang merokok. Bahaya yang di timbulkan antara lain :

ü     Meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung

ü     Masalah pernafasan termasuk radang paru-paru dan bronkitis

ü     Sakit atau pedih mata

ü     Bersin dan batuk-batuk

ü     Sakit kerongkong

ü     Sakit kepala

KOPI

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraks biji. Kopi terkenal akan kandungan kafeinnya yang tinggi. Kafein sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit. Berbagai efek kesehatan dari kopi pada umumnya terkait dengan aktivitas kafein di dalam tubuh. Peranan utama kafein ini di dalam tubuh adalah meningkatan kerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi.

Kebaikan Minum Kopi

  • Penelitian telah menunjukkan bahwa kopi memiliki kemampuan luar biasa untuk melindung otak. Bukti menunjukkan, masyarakat Amerika Latin yang sering minum kopi giling dari biji kopi utuh memiliki risiko kecil terkena Alzheimer dan penyakit Parkinson.
  • Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi setara dengan dua cangkir kopi satu jam sebelum olahraga juga dapat membantu mengurangi risiko nyeri otot hingga 48 persen. Sebelum olahraga, kopi akan merangsang produksi energi dan pembakaran lemak.
  • Kafein melakukan pengambilan glutamat yang merupakan penghambatan di otak, sehingga membuat tetap waspada dan siap beraktivitas.

Keburukan Minum Kopi

  • Kafein yang terisolasi tidak memberi manfaat kesehatan dari biji kopi dan dapat menjadi racun.
  • Minum kopi hitam sebaiknya tanpa gula sebab penambahan gula akan menyebabkan resistensi insulin.
  • Kopi merupakan zat pembentuk asam dalam tubuh. Pengasaman yang berlebihan dalam tubuh bisa menyebabkan masalah pada otot dan tulang, serta meningkatkan risiko terhadap penyakit degeneratif.
  • Kopi dapat mempengaruhi kelenjar adrenal
  • Efek negatif kafein bila diserap oleh tubuh secara berlebihan antara lain: kecemasan kronis, gelisah, lekas marah, insomnia, otot berkedut, dan diare. Kafein dalam jumlah yang lebih besar (yang dikandung oleh misal ”10 cangkir”  kopi yang diminum berturut-turut)  akan  bersifat racun bagi tubuh. Efek yang ditimbulkan antara lain: muntah, demam, dan kebingungan secara mental. Kafein dalam jumlah yang sangat besar bahkan dapat menjadi zat yang mematikan. Dosis mematikan bagi manusia adalah sekitar 10 gram, atau kira-kira  100 cangkir kopi yang diminum berturut-turut.

KESIMPULAN

            Berdasarkan uraian diatas, kita dapat melihat ternyata dibalik keunikan kopi cethe, terdapat dampak negatif yang mempengaruhi kesehatan. Walaupun keunikan tersebut dapat dijadikan sebagai ajang apresiasi seni yang membuat orang mengkonsumsi secara terus-menerus, kita juga perlu mempertimbangkan dan mengontrol kebiasaan tersebut.

SUMBER

http://bahayamerokok.com

http://www.gizi.net

http://nusaindah.tripod.com/akibatmerokok.htm

http://www.smallcrab.com/kesehatan/505-penyakit-yang-diakibatkan-merokok

http://peyank.wordpress.com/2007/11/01/racun-dalam-rokok/

http://www.anakpetani.web.id/2011/08/manfaat-dan-bahaya-minum-kopi.html#morevvv

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s