Marijuana : “artis” papan atas ??? [try again to upload]

di https://yosefw.wordpress.com

ini merupakan salah satu artikel yang WAJIB anda baca ( maksa dikit siy,tapi gakpapa,hhe) .. Pasti anda membuang waktu 1 detik untuk berpikir ” mengapa wajib dibaca??” ^.^ karena artikel ini cukup banyak mengulas tentang artis multi generasi yaitu nona Marijuana (seperti nama seorang wanita :D ) .. Marijuana ini memang “ngartis” banget, dari tahun 1960-an saja dia sudah ngetop sampai sekaranh, dia naik daun tanpa youtube (jaman dulu belum ada youtube soalnya,hhe).. Eh,eh lagi asyik cerita, tiba-tiba ada yang nyeletuk “marijuana tu siapa y?”,hhi .. Kelupaan dikit niy :D  Marijuana itu kalau jaman sekarang punya nama artis, nah nama artisnya G.A.N.J.A (dibaca : ganja, sambil nyanyi lagu d’bagindas c.i.n.t.a ‎​^.^ ) Nah, sekarang ini, di Indonesia, negara kita tercinta ini, lagi rame banget ‘ngomongin’ legalisasi ganja ..penasaran ‎​tidak??? penasaran aja lah yaa, wkkkkkkk :p langsung aja yuk kita ‘nggosip’

Berwujud irisan kering, berwarna hijau kecokelatan, berasal dari bunga, batang, biji, dan daun tanaman Cannabis sativa serta memiliki kandungan aktif delta-9-tetrahydrocannabinol, yang biasa disingkat THC di dalamnya.

artis yang satu ini punya banyak banget nama “palsu” …jadi, di setiap daerah namanya bisa beda-beda loo .. niy beberapa contohnya :   Aunt Mary, Boom, Chronic (Marijuana alone or with crack), Dope, Gangster, Ganja, Grass, Hash, Herb, Kif, Mary Jane, Pot, Reefer, Sinsemilla, Skunk, Weed .. agak lucu yaa nama-namanya, tapi intinya tetep sama .. MARIJUANA🙂

…Sekilas info aja niy…

Marijuana biasanya digunakan dalam bentuk rokok atau cerutu. Bisa juga digunakan dengan “lintingan” (rokok kosong yang diisi kembali dengan campuran tembakau dan marijuana). Cara ini mampu menghantarkan kandungan aktif beserta nikotin dari rokok itu sendiri, diikuti pula dengan bahan kimia berbahaya yang lain. Rokok ini rasanya tajam dan khas, biasanya berbau manis keasaman. Cara lain yang dapat digunakan adalah mencampurkannya dalam makanan atau teh. Pada konsentrasi yang lebih tinggi terbentuk resin yang disebut ganja.

upz si nona Marijuana KATANYA siy bahayaa ,, bener gak ya ???? coba yukk kita lihat lagi untaian kata indah dibawah ini (yang nulis sambil tersipu malu,hhi :p )


 “Setan Marijuana”

 Menurut buku OLSON yang kita baca c mengenai toksisitas (baca:keracunan)

 THC sebagai salah satu zat psikoaktif yang utama dalam ganja mengikat reseptor anandamide di otak, memiliki efek stimulan, sedatif, atau halusinogen, tergantung pada dosis dan waktu setelah konsumsi. Pengeluaran katekolamin (yang mengakibatkan takikardia) dan penghambatan refleks simpatis (yang mengakibatkan hipotensi ortostatik ) dapat diamati secara langsung. Efek THC saat dihirup dalam rokok ganja, masuk ke paru-paru dan terbawa aliran darah hingga sampai ke otak. Di otak, jika THC sampai pada “tempat” yang disebut reseptor cannabinoid, akan menghilangkan beberapa reaksi seluler yang seharusnya terjadi. Beberapa daerah pada otak memiliki reseptor cannabinoid. Meningkatnya kerapatan reseptor cannabinoid pada otak mempengaruhi rasa senang, daya ingat, berpikir, konsentrasi, cara pandang dan koordinasi gerak. Pada akhirnya, orang yang biasa menggunakan rokok ganja akan kehilangan kemampuan intelektualnya (wooowww…serem aja)

Menurut laporan dari NIDA, pencobaan buat berhenti dari kecanduan ganja jangka panjang dapat menyebabkan mudah tersinggung, sulit tidur, penurunan nafsu makan, kecemasan dan rasa kecanduan itu muncul kembali. Gejala ini dimulai dalam waktu sekitar 1 hari, mencapai puncak pada 2-3 hari dan hilang dalam 1 atau 2 minggu setelah penghentian konsumsi marijuana yang berlebihan.

“Malaikat Marijuana”

Marijuana mempunyai bahan aktif yang potensial untuk terapi penghilang rasa sakit, mengendalikan mual, meningkatkan nafsu makan, dan mengurangi tekanan pada mata. Obat-obat yang beredar di pasaran yang berhubungan dengan cannabinoid antara lain adalah Marinol®, Cesamet®, dan Sativex®, yang disebut paling akhir berupa mouth spray dan disetujui di Kanada dan sebagian negara di Eropa sebagai penghilang rasa sakit yang berhubungan dengan kanker dan neuropathy pada sklerosis.

Setelah searching sana-sini, ternyata ada beberapa penelilti yang memang bergelut lama dengan ganja, dan mereka fokus dengan sisi positifnya. Ini beberapa daftar hasil penelitian yang melihat manfaat dari Marijuana :

  1. Ada studi ilmiah yang menyatakan bahwa senyawa cannabinol dan cannabidiol yang ada dalam ganja dapat melindungi syaraf (neuroproteksi) dengan menghambat dua proses molecular, dimana kedua proses molecular ini dapat merusak sel syaraf.

  2. Peneliti juga menyebutkan bahwa minyak dan biji ganja juga bisa dijadikan sumber pangan bagi manusia ^.^ jadi, rasio omega 6 dan 3 yang sehat bagi manusia menurut berbagai badan kesehatan dunia adalah 4:1. Dimana ketidakseimbangan rasio omega 6 dan 3 ini yang menjadi faktor beberapa penyakit. Menurut badan kesehatan, strategi yang paling baik dalam memperoleh keseimbangan rasio ini adalah memakan makanan yang rasio omega 6 dan 3-nya lebih baik dalam satu komposisi. Salah satu sumber makanan ini adalah biji ganja, yang memiliki rasio yang sesuai.Minyak dari biji ganja mengandung asam lemak tak jenuh super (super polyunsaturated fatty acid) yang langka seperti GLA (gamma-linoleic acid) dan stearidonic acid (SDA) dalam jumlah yang banyak. GLA sendiri itu merupakan asam lemak yang jarang dan tidak ditemukan dalam jenis biji-bijian lain, bahkan yang sudah menjadi konsumsi umum seperti biji rami, biji bunga matahari, kacang kedelai, biji labu, biji rapeseed (canola) atau minyak zaitun (olive oil). Minyak biji ganja ini juga tidak mengandung sama sekali trans fatty acid yang merupakan lemak jahat yang dapat menaikkan kadar kolesterol dalam darah, jadi kolesterol dalam tubuh pun tidak melebihi kadar senormalnya

  3. Para peneliti di Marylanddan Beijingtelah meneliti dan mempelajari komponen yang terkandung pada tanaman ganja atau cannabis yang terbukti dapat membantu mengurangi kecanduan cocaine pada suatu eksperimen dengan menggunakan tikus. Studi ini menemukan bahwa cannabidiol tidak menghasilkan efek inebriating, bahkan sangat efektif untuk menghentikan penurunan reseptor di otak yang disebabkan oleh cocain.

  4. Pada tahun 2005, para peneliti di National Institutes of Mental Health melaporkan bahwa non-psikoaktif cannabinoid cannabidiol (CBD) dapat mengurangi kematian sel akibat mengkonsumsi alkohol yang diinduksi dihippocampus dan etorhinal cortex dari otak dengan dosis tertentu hingga 60 persen. Studi ini merupakan demo pertama dari CBD sebagai in vivoneuroprotectant. Hasil penelitian ini publikasikan oleh The Journal of Pharmacology and Experimental Therapeutics

Nah,kita dah ngebahas baik buruknya ganja…tau tidak kalau akhir-akhir ini ganja booming lagi terkait masalah pelegalan, sebenarnya masalah temen-temen setuju ganja dilegalkan atau tidak tergantung dari penilaian masing-masing yaa.. tapi.. sekedar berbagi informasi aja.. sebenernya orang-orang yang mendukung ganja itu dilegalkan karena mereka melihat dari sisi positif ganja itu sendiri. Mereka bahkan ngebentuk perkumpulan yang pro ganja dilegalkan!! Kalo nggak percaya buka aja di website ini www.legalisasiganja.com, diwebsite ini kita bisa membaca kenapa mereka mendukung ganja dilegalkan. Dan baru-baru ini mereka mengadakan kampanye “Ganja Medis” yang digelar pada tanggal 3-6 Oktober. Yah… salut buat semangat mereka!!

Nggak hanya itu…. ternyata banyak juga kalangan artis yang mendukung ganja dilegalkan, kita ambil satu orang artis yang pro banget.. Panji Pragiwaksono. Bang Panji sangat mendukung gerakan ini. Kenapa Bang Panji mendukung gerakan legalisasi ganja?? Itu karena dia melihat ganja dari sisi positifnya sob.. kita bisa ngelihat gimana aksi Bang Panji mendukung gerakan legalisasi ganja di

http://www.youtube.com/watch?v=IVROebOtb34

So.. sekali lagi.. apakah kalian pro atau kontra ganja dilegalkan, tergantung penilaian masing-masing yaa. Tulisan ini sebatas ingin menambah wawasan kita mengenai ganja, dan mencoba “mengenal” ganja luar dalam ^.^

pesan kami bagi semua yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini ……

Jadikan Marijuana (ganja) sebagai “ANGEL” ,, bukan sebagai “DEVIL” ^.^

uda luangkan waktu buat baca artikel kita , semoga bermanfaat :D

Daftar pustaka

http://www.drugfree.org/drug-guide/marijuana diakses pada tanggal 5 Oktober 2011

National Institute on Drug Abuse (NIDA) diakses pada tanggal 1 Oktober 2011

Olson, K. , 2006, Poisoning and drug overdose, Edisi V, MacGrewHill

www.legalisasiganja.com , diakses pada tanggal 6 Oktober 2011

www.legalisasiganja.blogspot.com

http://www.youtube.com/watch?v=IVROebOtb34

kreasi dari :

  1. Anasthasia Mardila          – 088114038

  2. Albertus Djanu Rombang  – 088114126

  3. Astaria Sekar Setiarum   – 088114144

  4. Agatha Ratri Prasetyo      – 088114145

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s