Minuman Beralkohol : Buruk kah???

             Awal taun kemaren, tepatnya 22 Januari 2012,  Indonesia dihebohkan sama berita kecelakaan maut di seputar Tugu Tani. Afriyani Susanti, pelaku utama kasus ini sukses membuat kesal masyarakat karna tampang ga bersalahnya setelah berhasil menewaskan sembilan orang pejalan kaki dan melukai 3 orang lainnya. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Rikwanto, mengeluarkan pernyataan resmi pada pada Senin (23/1) bahwa Afriani Susanti terbukti positif menggunakan NAPZA jenis amfetamin, serta mengkonsumsi minuman beralkohol. Afriani ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pelanggaran pasal 310 UU no. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 283 dan 287 UU yang sama. Afriani juga terancam pasal 127 UU 35/2009 tentang Narkotika.

            Dari pasal tesebut, Afriyani dituntut  maksimal 6 tahun penjara dan denda 12 juta rupiah. Serasa ga adil ya?? Padahal Afriyani diketahui abis mengkonsumsi narkoba dan minuman keras, tapi gara-gara di Indonesia sampai saat ini belum ada undang-undang yang menghubungkan penggunaan alkohol dengan keselamatan lalu lintas, jadinya ya gitu deh. Meskipun alkohol merupakan zat adiktif, tapi karena dianggap “hanya” mengandung etanol yang punya dampak ga semerusak narkotik makanya alkohol ga dimasukin ke dalam UU narkotika sampai saat ini.

Eh, sebenarnya alkohol itu apa sih??

             Alkohol tu istilah yang dipakai untuk menyebut etanol, yang juga disebut “grain alkohol” dan kadang untuk minuman yang mengandungalkohol. Hal ini karena emang etanol yang digunakan sebagai bahan dasar pada minuman tersebut, bukan metanol, atau kelompok alkohol lainnya. Begitu juga dengan alkohol yang digunakan dalam dunia farmasi. Alkohol yang dimaksudkan adalah etanol.

              Minuman beralkohol dibuat dengan cara fermentasi khamir dari bahan baku yang mengandung pati atau gula tinggi. Bahan baku yang umum dipakai adalah biji-bijian (seperti jagung, beras, gandum, dan barley), umbi-umbian (seperti, kentang dan ubi kayu), buah-buahan (seperti anggur, apel, pear, cherry), tanaman palem (seperti aren, kelapa, siwalan, nipah), gula tebu dan gula beet, serta moless. Kandungan etanol yang dihasilkan dalam fermentasi minuman beralkohol biasanya berkisar sekitar 18% karena pada umumnya khamir tidak dapat hidup pada lingkungan dengan kandungan etanol di atas 18%.

Ada 3 golongan minuman beralkohol berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 1997, yaitu :

  1. Golongan A     : kadar etanol 1-5%, (bir)
  2. Golongan B     : kadar etanol 5-20%, (berbagai jenis minuman anggur)
  3. Golongan C     : kadar etanol 20-45 %, (Whiskey, Vodka, TKW, Manson House, Johny Walker, Kamput).

Minuman beralkohol dengan kadar etanol lebih dari 2,5% – 55%  merupakan kelompok minuman beralkohol yang produksi, peredaran dan penjualannya ditetapkan sebagai barang dalam pengawasan.

Pengaruh Buruk Minum Beralkohol Untuk Kesehatan

Kebanyakan orang sudah tahu tentang bahaya dari akibat minuman keras atau minuman beralkohol ini. Salah satunya adalah menimbulkan kecanduan yang luar biasa, karena minuman keras atau minuman beralkohol ini mengandung zat aditif, yaitu zat yang jika masuk ke tubuh manusia walaupun dengan jumlah sedikit akan menimbulkan efek kecanduan yang luar biasa.

Pengaruh ketagihan akibat meminum alkohol bukannya bergantung kepada jenis alkohol tetapi jumlah yang diminum. Pada dasarnya terdapat dua pengaruh yang ketara pada penagih alkohol yaitu pengaruh jangka pendek dan jangka panjang.

Pengaruh pada otak dan saraf pada dasarnya setelah diminum, alkohol akan meresap dari usus kecil trus masuk ke aliran darah. Alkohol terus dibawa ke jantung kemudian dibawa ke seluruh tubuh. Dari sini ia terus meresap ke dalam otak dan seterusnya ke urat saraf. Otak merupakan salah satu organ penting yang dimiliki oleh manusia karena otaklah yang mengontrol segala kegiatan. Kerusakan saraf dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti sindrom Wernicke-Korsakoff dan kerusakan sel-sel otak, yang seterusnya membawa kepada komplikasi psikiatri. Peminum mengalami halunisasi pendengaran, amnesia, paranoia, depresi, bahkan bisa punya kecenderungan membunuh diri lho.

Pengaruh pada hati pengaruh alkohol yang paling bahaya adalah pengaruh pada hati (hepar). Setiap kali seorang peminum mengambil alkohol, hatinya mendapat luka. Sel hati akan mati dan menjadi mengecil. Hal ini akan mengurangi kemampuan hati untuk berfungsi dengan sempurna. Pengecilan yang serius akan menyebabkan hati tidak dapat berfungsi langsung. Keadaan ini disebut sirosis hati dan boleh membawa maut. Pembengkakan hati (hepatitis) juga bisa disebabkan oleh kelebihan toksik alkohol. Pada mulanya menyebabkan hati mengembang dan lama kelamaan saluran darah akan mengecil. Ini menyebabkan darah tidak dapat mengalir ke hati dengan sempurna dan akhirnya saluran darah akan membengkak lalu pecah. Pada peringkat kritikal pengidap hepatitis akan mengalami muntah darah dan kotoran mereka akan bercampur dengan darah.

Penyakit jantung akibat dalam jangka dekatnya dapat dirasakan dengan meningkatnya detak jantung, dan juga keadaan jantung juga akan melemah sehingga tidak dapat bekerja dengan optimal. Sebenarnya ini terjadi karena minuman keras atau minuman beralkohol dapat merusak sel-sel tubuh dan juga termasuk sel-sel jantung, akibatnya kinerja jantung akan tidak optimal.

Pengaruh pada janin peminum alkohol kronik bagi wanita hamil menyebabkan kandungannya mempunyai ciri-ciri kecacatan seperti kekurangan berat badan, ukuran kepala yang terlalu kecil berbanding tubuh, keadaan muka yang rata, dan kelemahan sendi-sendi. Selain daripada pengaruh-pengaruh di atas, alkohol juga bertindak dengan berbagai sistem dan organ tubuh. Contohnya, pengaruh terhadap sistem peredaran tubuh menyebabkan darah lebih banyak dialirkan ke kulit. Ini menyebabkan kulit peminum menjadi kemerah-merahan. Peminum alkohol juga didapati lebih cenderung sering membuang air kecil karena etanol dapat meningkatkan hormon penahan kencing.

Meningkatnya kemiskinan Yah kalo yang ini teman-teman pasti tahu bahwa jika seseorang sudah ketagihan yang namanya minuman keras atau minuman beralkohol maka segala cara untuk mendapatkannya akan ditempuh, termasuk penghasilan yang seharusnya untuk mencukupi kebutuhan hidup akan digunakan untuk memenuhi kecanduannya akan minuman keras tersebut. Akibatnya kemiskian akan mudah menghampiri.

Nah demikian temen-teman dampak buruk alkohol bagi kesehatan kita, maka berpikiran beribu-ribu kali untuk mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan apalagi sampai kecanduan.

Tapi… gak selamanya lho mengkonsumsi minuman beralkohol itu memberi dampak buruk trus buat kita. Tenyata menurut beberapa penelitian, ada juga lho dampak baik alkohol buat tubuh kita, INGIN tau??? Berikut infonya :

Keuntungan Alkohol

  1. Berdasarkan penelitian oleh Dr. Hendriks, konsumsi alkohol selama 3 pekan oleh sembilan perempuan post menopouse yang tidak memiliki kebiasaan merokok ataupun mengonsumsi alkohol, dapat meningkatkan DHEAS (dehydroepiandrosterone) hingga 17% dan menaikkan HDL hingga 12%. Hormon DHEA (dehydroepiandrosterone) merupakan hormon yang berhubungan erat dengan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Wanita menopause mengalami peningkatan fungsi imun dalam waktu 3 minggu setelah diberikan DHEA.
  2. Dalam jumlah sangat kecil, alkohol dapat membantu orang merasa lebih santai atau mengurangi rasa cemas dan mengatasi psychosocial problem.
  3. Meminum alkohol secara reguler yang jumlahnya satu atau dua sloki/gram kecil per hari secara teratur dan tidak berlebihan, dapat melindungi tubuh dari penyakit pembuluh darah, diabetes,  batu empedu, menurunkan resiko penyakit rheumatik dan batu ginjal.
  4. The University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas pada tahun 1999 mengeluarkan hasil penelitiannya yang menyatakan bahwa minum bir dalam takaran ringan akan mengurangi risiko serangan jantung koroner hingga 30-40% dibandingkan dengan yang tidak pernah minum sama sekali. Dalam hal ini kandungan antioksidan polyphenols diperkirakan berperan penting terhadap penurunan resiko ini. Selain itu, pada bulan November 1999, The New England Journal of Medicine menyatakan bahwa berdasarkan penelitian peminum bir dalam takaran yang ringan (tak berlebihan) akan memperoleh manfaat pengurangan risiko terserang stroke sampai sekitar 20 %.
  5. Bir bisa menurunkan kadar kolesterol karena tidak terdapat kolesterol dan lemak serta meningkatkan antioksidan dalam tubuh anda. Dengan catatan, kebiasan minuman bir ini perlu ditambah pengaturan pola makan serta olahraga yang teratur. Manfaat lain dari minuman ini bagi wanita adalah mencegah kepikunan. Para wanita yang minum bir sedikit saja dalam sehari memiliki risiko 20% lebih rendah untuk mengalami masalah dengan kemampuan mental di masa tua nanti.
  6. Mengkonsumsi bir dalam batas yang wajar bagi kaum manula dapat meningkatkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan kualitas tidur dan juga memperlancar buang air kecil.
  7. Konsentrasi polyphenol juga terdapat dalam anggur, terutama anggur merah, bisa menghindarkan dari resiko penyakit jantung dan juga kanker. Kandungan lainnya yang juga bermanfaat dalam minuman ini adalah Kalium, Kalsium, Magnesium, dan Zat Besi (penting untuk jantung, otot, pembentukan sel darah, serta tulang), Vitamin C (memperkuat daya tahan tubuh), dan Vitamin B (baik untuk syaraf dan pencernaan).
  8. Segelas champagne atau sparkling wine bisa mempercepat peredaran darah di tubuh dan membangkitkan vitalitas karena adanya zat CO2 yang mempercepat penyerapan alkohol dalam darah.

Begitu temen-temen sekilas info dari kita terkait minuman beralkohol. Semoga info yang kami berikan ini bermanfaat.  Dan… harapan kami semoga temen-temen bisa bijak klo mau mengkonsumsi minuman beralkohol. Ambil manfaat positifnya, jauhi dampak buruknya buat tubuh kita. Sayangi tubuhmu🙂

Phe (08-004) ; Christi (08-011; Primaboti (08-040); Ellen (08-077);                 Tika (08-079)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s